Taman Teladan Butuh Perhatian Lebih

Taman Beringin Medan
Taman Beringin Medan

MEDAN, kaldera.id – Pemko Medan melalui dinas terkait sepertinya harus lebih memperhatikan kondisi taman kota. Sebab, masih banyak taman kota terkesan tidak terawat.

Padahal taman kota menjadi salah satu tujuan masyarakat menghabiskan akhir pekan. Tidak hanya itu, lokasi ini juga kerap dijadikan tempat berolahraga maupun sekadar duduk -duduk waktu senggang. Sangat disayangkan bila kondisinya jauh dari kata nyaman.

Seperti pantauan kaldera.id di Taman Kota Teladan. Taman yang berada di depan Stadion Teladan itu butuh banyak perawatan lagi. Khususnya, sarana olahraga dan permainan anak. Sebab, banyak yang rusak.

Padahal tidak sedikit, masyarakat sekitar maupun dari berbagai wilayah lainnya memanfaatkan keberadaan taman itu. “Banyak yang rusak. Jadi, tidak bisa termanfaatkan. Saya sering bawa anak saya bermain dan juga saya bisa sambil berolahraga,” ungkap Alamsyah Ginting ketika ditemui di Taman Teladan, Minggu (23/1/2022).

Dia sendiri tidak paham kenapa sarana bermain anak dan fasilitas olahraga yang tersedia kondisinya rusak. Apakah dirusakin atau memang kurangnya perawatan dilakukan. Dirinya berharap hal ini harus menjadi perhatian. Sebab, percuma saja dipasang kalau hanya sekadar jadi pajangan. “Apabila sudah diperbaiki kan tinggal saling menjaga dan merawat. Daripada dibiarkan begini, kan sayang tidak termanfaatkan,” jelasnya.

Begitu juga dengan kolam yang berada di tengah taman. Airnya kosong. Air mancur tidak hidup. Tidak tahu persis, apakah sengaja dibiarkan mati atau kosong atau baru dibersihkan. Begitu juga tanaman yang butuh perhatian lebih dalam melakukan perawatan. “Kalau ada kemauan merawatnya, tentunya kan tidak seperti ini kondisinya. Kuncinya kan kemauan bang,” tambahnya.

Apa yang disampaikan Alamsyah ada benarnya. Sebab, kondisi di Taman Teladan sangat berbeda dengan Taman Beringin yang terletak persis di depan Rumah Dinas Gubsu. Kondisinya jauh lebih terawat.

Fasilitas yang tersedia juga bisa dikatakan lengkap dan baik. Mulai dari permainan anak-anak dan lainnya. Begitu juga untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Merasa aman dan nyaman. Mengingat ada lahan parkir khusus disiapkan bagi pengunjung taman.

“Sangat nyaman untuk bersantai. Udaranya segar dan teduh. Banyak pohon. Tanamannya pun segar. Asri. Cocok untuk bawa anak-anak. Mereka bisa bermain dengan fasilitas yang ada,” kata Mery, salah satu pengunjung di Taman Beringin.

Kealpaan di taman itu hanya terlihat di kolam yang berada di tengah taman. Terkesan jorok. Berlumut. Warga berharap hal ini segera dibenahi.(cr)