Diduga Sebarkan Berita Hoax, Pemilik Akun Medsos Tulis Puluhan Kendaraan Hilang Ditelusuri

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda menegaskan, berita yang tersebar di media sosial terkait hilangnya puluhan kendaraan saat malam hiburan rakyat peringatan HUT Kota Medan adalah hoax.
Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda menegaskan, berita yang tersebar di media sosial terkait hilangnya puluhan kendaraan saat malam hiburan rakyat peringatan HUT Kota Medan adalah hoax.

 

MEDAN, kaldera.id – Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda menegaskan, berita yang tersebar di media sosial terkait hilangnya puluhan kendaraan saat malam hiburan rakyat peringatan HUT Kota Medan adalah hoax.
Kini, pihaknya sedang melakukan penelusuran pemilik akun tersebut.

“Tidak ada laporan soal puluhan motor yang hilang pada saat acara HUT Kota Medan.
Tidak ada, bisa dicek di polsek-polsek dan Sat Reskrim. Dicek di SPKT kita juga tidak ada,” kata Valentino, Senin (4/7/2022).

Hal senada juga disampaikan Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Kompol Teuku Fathir Mustafa. Ia mengungkapkan bahwa video yang beredar tersebut tidak benar dan hingga saat ini pihaknya masih menunggu korban untuk membuat laporan kepolisian.

“Video itu tidak benar, laporan kehilangan motor di lokasi dan waktu kegiatan tersebut belum ada,” katanya.

Kasat Reskrim mengimbau apabila ada warga yang merasa kehilangan, segera melaporkannya ke Polrestabes Medan.

“Dan apabila ada warga yang merasa kehilangan sepeda motor saat hadir di kegiatan itu bisa segera melapor ke Polrestabes Medan. Pastinya jika benar untuk para pelaku akan kita berikan tindakan tegas dan terukur,” tegasnya

Kompol Fathir juga menambahkan, pihaknya tengah gencar membrantas aksi pencurian kendaraan bermotor di wilayah hukum Polrestabes Medan.
Ia mengimbau masyarakat untuk tidak percaya dengan isu atau kabar bohong.

“Untuk akun medsos yang menguploadnya, juga nanti kita telusuri. Jangan buat isu dengan sumber yang tak jelas lah,” tegasnya.

Walikota Medan, Bobby Nasution juga memberi atensi kepada warga yang memang kehilangan motornya. “Kalau warga kehilangan saya imbau segera lapor polisi. Kepada kepolisian saya minta untuk diterima laporannya dan ditindak secepatnya. Pencurinya tangkap, kalau bisa motornya yang hilang dicari juga dan dikembalikan kepada pemiliknya,” kata Bobby.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumut Ade Jona Prestyo pun angkat bicara akan soal berita hoax tersebut. Menurutny informasi bohong itu sangat kejam. Pihaknya sangat menyesalkan.

“Di saat ribuan warga Medan bergembira karena sudah bisa diadakan konser di Medan. Sudah bisa berkumpul bersama, bersuka cita, perekenomian juga berputar, malah ada pihak yang menyebar berita palsu. Saya apresiasi Pak Wali yang sudah menyuguhkan hiburan bagi kita semua,” kata Ade Jona.(reza)