Ustadz AMR di Pengajian Akbar Alumni SMAN 11/10 Medan: Jauhkan Ego dan Minder Perkuat Silaturahim

Ketum Ikatan Alumni SMAN 11/10 Medan (4 dari kanan) menyerahkan SK Pengajian Alumni.
Ketum Ikatan Alumni SMAN 11/10 Medan (4 dari kanan) menyerahkan SK Pengajian Alumni.

 

MEDAN, kaldera.id – Organisasi dalam bentuk ikatan alumni merupakan salah satu arena silaturahim yang patut diperkuat. Untuk memaksimalkan silaturahim, setiap alumni perlu menjauhkan ego dan minder dalam perjalanannya.

“Pengajian akbar ikatan alumni semacam ini sangat baik. Saya mengajak kita semua, untuk menjauhkan ego dan minder dalam berhimpun sebagai alumni sekolah yang menyimpan kenangan masa lalu,” kata Ustadz Abdil Muhadir Ritonga (AMR), dalam Pengajian Akbar Alumni SMAN 11 Eks 10 (11/10) Medan, di Masjid Al Muslimun, Jala Pertiwi Medan, Minggu (21/8/2022).

Hadir dalam Pengajian Akbar, Ketua Umum Ikatan Alumni SMAN 11/10 Medan, Dr dr Johny Marpaung, M.Ked (OG), Sp.OG (K), Sekum Alumni Teguh Syuhada Lubis, Bendahara Evrin Nasution, Kepala Sekolah SMAN 11 Medan Widya Ningsih, dan Ketua Panitia Pengajian Akbar, Amir Salim Pulungan. Hadir juga Qori Internasional, Darwin Hasibuan yang membacakan ayat suci Al Quran dalam pengajian itu.

Qori Internasional, H Darwin Hasibuan
Qori Internasional, H Darwin Hasibuan

Ustadz Abdil menyebutkan, dalam pergaulan alumni sebaiknya mengedepankan silaturahim untuk saling mengisi, saling menguatkan. Bukan bertanya kau jadi apa, aku punya apa. “Ego kita bisa membuat minder kawan. Kalau sudah begitu, bubarlah alumni ini,” ucapnya dengan gaya khas mengundang tawa jamaah.

Nabi Muhammad SAW dan para ulama juga menganjurkan, agar silaturahim seperti alumni ini semakin baik adalah dengan mengunjungi sahabat. “Apapun status dia, siapapun kita saat ini, dia kawan kita waktu sekolah. Kalau minder dan ego saja, kapan lagi mau silaturahim,” bebernya.

Dalam HR Bukhari, silaturahim bukanlah yang saling membalas kebaikan. Tetapi seorang yang berusaha menjalin hubungan baik meski lingkungan terdekat (relatives) merusak hubungan persaudaraan dengan dirinya.

Ustadz Abdil Muhadir Ritonga
Ustadz Abdil Muhadir Ritonga

Ketua Pengajian Alumni SMAN 11 eks 10 Medan, Buyung Hasan, mengatakan, pengajian akbar ini merupakan agenda rutin Ikatan Alumni SMAN 11/10 Medan. “Pengajian ini diharapkan menambah kuat silaturahim alumni,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya sangat mengharapkan masukan yang positif agar kegiatan alumni berjalan lebih baik dan bisa menghadirkan lebih banyak alumni.

Sementara, Ketua Umum Ikatan Alumni SMAN 11/10 Medan, Dr dr Johny Marpaung, M.Ked (OG), Sp.OG (K), menambahkan, Pengajian Ikatan Alumni ini menjadi salah satu bagian dari ikatan alumni. “Kami sifatnya mengakomodir dan mengordinasi kegiatan forum pengajian yang ada di setiap angkatan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan juga penyerahan SK Pengurus Pengajian Alumni yang diserahkan Johny Marpaung kepada Buyung Hasan disaksikan Kepala Sekolah SMAN 11 Medan, ratusan alumni yang hadir. (efri/red)