Cadiz dan Barcelona Kerjasama Selamatkan Penonton dari Serangan Jantung

Duel Cadiz vs Barcelona sempat ditangguhkan usai seorang suporter dilaporkan kolaps di tribune. Laga baru dilanjutkan usai korban berhasil diselamatkan.
Duel Cadiz vs Barcelona sempat ditangguhkan usai seorang suporter dilaporkan kolaps di tribune. Laga baru dilanjutkan usai korban berhasil diselamatkan.

MEDAN, kaldera.id – Duel Cadiz vs Barcelona sempat ditangguhkan usai seorang suporter dilaporkan kolaps di tribune. Laga baru dilanjutkan usai korban berhasil diselamatkan.

Dilaporkan ESPN dan Marca, suporter tersebut mengalami cardiac arrest. Pertandingan sedang memasuki menit ke-82 dan Barcelona tengah unggul 2-0. Pertolongan segera diberikan.

Kiper Cadiz, Jeremias Ledesma terlihat melemparkan alat defibrilator ke arah tribune untuk mempercepat proses penanganan. Gelandang Cadiz, Jose Mari juga terlihat turut membantu membawa tandu bersama petugas medis.

Laga sempat dihentikan selama sekitar 50 menit, para pemain pun kembali masuk ke ruang ganti. Upaya resusitasi akhirnya berhasil menyadarkan suporter tersebut, yang setelahnya segera dibawa ke rumah sakit. Baru kemudian laga dilanjutkan.

“Defibriltor segera diantar ke tribune untuk memberikan resusitasi pada korban. Barcelona juga menawarkan defibrilator kedua jika dibutuhkan, dan diantar ke tribune langsung oleh pemain,” ujar pernyataan resmi Cadiz.

“Upaya resusitasi berhasil dan suporter itu segera ditransfer ke ICU Rumah Sakit Puerta del Mar, di mana dia mendapat perawatan.”

“Seorang operator kamera juga pingsan di saat bersamaan. Ia ditangani oleh staf medis stadion tanpa mengalami dampak serius.”

“Cadiz berterima kasih atas sikap teladan para suporter selama situasi ini, juga kepada para staf medis dan keamanan atas tindakan cepat yang dilakukan, sehingga insiden ini tak berakhir buruk,” jelas pernyataan Cadiz.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez turut lega mendengar suporter itu selamat. Menurutnya, laga harus ditunda jika sampai terjadi hal terburuk.

“Syukurlah upaya resusitasi untuknya berhasil. Tadi itu sungguh situasi yang tak menyenangkan. Semoga dia dan keluarga baik-baik saja. Sungguh situasi yang sulit,” ujar Xavi.

“Kami akhirnya setuju melanjutkan pertandingan dan kami menunggu perkembangan kondisinya. Semoga dia bisa pulih cepat. Ini masalah kemanusiaan. Kualitas manusia muncul di sini. Sepakbola adalah urusan belakangan, dan jika sesuatu yang buruk terjadi padanya, laga akan ditangguhkan,” jelasnya.

Seusai laga dilanjutkan, Barcelona berhasil menambah dua gol dan menutup laga dengan kemenangan 4-0. Hasil ini mengantarkan Blaugrana ke puncak klasemen sementara LaLiga dengan 13 poin dari lima laga. (detik)