Trio Siagian-Sihombing-Sigiro Terpilih jadi Anggota Komnas HAM, Termasuk Mantan Komisioner KPU RI

DPR RI mengesahkan 9 anggota Komnas HAM periode 2022-2027
DPR RI mengesahkan 9 anggota Komnas HAM periode 2022-2027

MEDAN, kaldera.id – DPR RI mengesahkan 9 anggota Komnas HAM periode 2022-2027. Mereka terpilih berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan yang telah dilakukan oleh Komisi III DPR.

Pengesahan itu dilakukan dalam rapat paripurna di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022). Rapat dipimpin Ketua DPR Puan Maharani.

Pengesahan diawali dengan pembacaan hasil uji kelayakan yang disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh. Dia bicara pentingnya anggota Komnas HAM yang memiliki integritas dalam menjalankan tugasnya.

“Pada kesempatan kali ini kami menyampaikan bahwa Komisi III DPR RI sangat memandang penting dibutuhkannya anggota Komnas HAM yang memiliki integritas, berkualitas, profesional dan kredibel dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Komnas HAM dalam penegakan HAM di Indonesia,” kata Pangeran.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad lalu menanyakan kepada anggota dewan terkait hasil uji kelayakan calon anggota Komnas HAM. Para anggota dewan pun menjawab setuju.

“Sidang dewan yang terhormat sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah laporan Komisi III atas hasil uji kelayakan anggota Komnas HAM periode 2022-2027 dapat disetujui?” tanya Dasco.

“Setuju,” jawab anggota Dewan. (detik)

Berikut 9 anggota Komnas HAM periode 2022-2027:

1. Abdul Haris Semendawai
2. Anis Hidayah
3. Atnike Nova Sigiro (Ketua)
4. Hari Kurniawan
5. Prabianto Mukti Wibowo
6. Pramono Ubaid Tanthowi
7. Putu Elvina
8. Saurlin P Siagian
9. Uli Parulian Sihombing