Jaminan Kesejahteraan Atlet dan Keterbatasan Anggaran Jadi Perhatian

Juru Bicara Fraksi PKS DPRD Medan, Irwansyah saat menyampaikan pendapat fraksinya terkait Ranperda Keolahragaan
Juru Bicara Fraksi PKS DPRD Medan, Irwansyah saat menyampaikan pendapat fraksinya terkait Ranperda Keolahragaan

 

MEDAN, kaldera.id – Anggota DPRD Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) menyampaikan sejumlah masukan penting kepada Pemko Medan terkait Ranperda Keolahragaan.

Masukan tersebut disampaikan juru bicara Fraksi PKS, Irwansyah saat sidang paripurna DPRD dengan agenda pendapat fraksi sekaligus persetujuan dan penandatanganan tentang Ranperda Keolahragaan di Gedung DPRD Medan, Senin (28/11/2022).

Beberapa masukan yang disampaikan antara lain, kesejahteraan atlet dan keterbatasan anggaran yang dinilai menjadi masalah utama penghambat prestasi di daerah. Mengingat, ranperda ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian Pemko Medan terhadap aktivitas dan sistem keolahragaan yang ada di Kota Medan.

“Olahraga menjadi bagian penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia. Oleh karena itu bidang keolahragaan harus dilakukan secara berkelanjutan dalam rangka memaksimalkan percepatan pembangunan di Kota Medan. Dukungan sumberdaya manusia yang sehat, bugar dan produktif menjadi salah satu pilar pembangunan daerah,” katanya.

Pihaknya juga menaruh perhatian serius pada persoalan jaminan kesejahteraan bagi olahragawan berprestasi.

Peraturan yang berkaitan dengan kesejahteraan serta penghargaan kepada olahragawan berprestasi harus dijamin dalam ranperda tersebut. Peraturan ini juga sebagai penguatan olahragawan sebagai profesi yang memilki jaminan perlindungan.

“Kedepannya Fraksi PKS berharap adanya kepastian kesejahteraan dan kehidupan yang layak terhadap olahragawan berprestasi,” harapnya.

Ketiga, kata Irwansyah salah satu masalah utama yang menghambat prestasi olahraga Daerah adalah keterbatasan pendanaan yang disediakan oleh Pemerintah Daerah.

“Oleh karena itu Fraksi PKS berharap Pemerintah Kota Medan dapat dengan optimal mendukung pendanaan dan melakukan kajian yang komprehensif terhadap alokasi APBD untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kota Medan,” tambahnya.(reza)