Usai Pengukuhan Kadin Deliserdang, Firsal Mutyara Minta Pengusaha Mau Jadi Bapak Angkat UMKM

0
247
Ketua Kadin Sumut Firsal Ferial Mutyara saat mengukuhkan pengurus Kadin Deliserdang.
Ketua Kadin Sumut Firsal Ferial Mutyara saat mengukuhkan pengurus Kadin Deliserdang.

 

DELISERDANG, kaldera.id –  Ketua Kadin Sumut Firsal Ferial Mutyara meminta agar pengusaha dan pengelola industri yang di Deliserdang bersedia menjadi bapak angkat usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai dukungan terhadap pelaku usaha kecil.

Hal itu disampaikannya pada acara pengukuhan pengurus usai kegiatan Musyawarah Kabupaten (Mukab) ke VI yang mengamanatkan Danu Prayitno Siyo sebagai ketua Kadin Deliserdang periode 2023-2028, Sabtu (29/7/2023), di Wing Hotel Kualanamu.

Firsal Ferial Mutyara mengukuhkan kepengurusan hasil Mukab dipimpin langsung WKU Organisasi Lismardi Hendra didampingi Komite Tetap Organisasi dan Pemberdayaan Kadin Kabupaten/Kota Erwin Ramadani dan Komite Tetap Komunikasi Daerah Ahmad Muhajirin.

Kadin Sumut dan BPJS menyepakati MoU (memorandum of understanding) kerjasama untuk program yang dilaksanakan BPJS kepada anggota Kadin.
Kadin Sumut dan BPJS menyepakati MoU (memorandum of understanding) kerjasama untuk program yang dilaksanakan BPJS kepada anggota Kadin.

Setelah Mukab, acara dilanjutkan dengan pengukuhan dewan pengurus Kadin Deliserdang dirangkai dengan rapat pimpinan kabupaten (Rapimkab). Saat didaulat menyampaikan sambutan Ketua Kadin Sumut Firsal Ferial Mutyara mengatakan Deliserdang merupakan salah satu wilayah potensial yang mendorong ekonomi Sumut.

Karena itu pula, kata dia, Deliserdang dengan banyak sekali perusahaan dan pabrik industri selayaknya bersedia menjadi bapak angkat bagi para pelaku UMKM. “Ini sangat diperlukan terutama untuk mengembangkan potensi yang ada. Karena kita faham sepanjang pandemi covid-19 sektor inilah sebagai pilar utama penopang perekonomian,” jelasnya.

“UMKM menjadi salah satu pilar kuat perekonomian. Ini selaras dengan salah satu fokus utama program kerja Kadin Sumatera Utara yaitu meningkatkan daya saing ekonomi kreatif dan UMKM,” tambahnya. “Bukan hanya itu, Deliserdang merupakan wilayah yang sangat luas dan strategis dengan potensi lain seperti pariwisata dan industri. Kolaborasi dengan Kadin Medan tentunya diharapkan dapat terjalin, termasuk pemerintahan,” jelasnya.

Dia mengatakan pelaksanaan Mukab ke VI Kadin Deliserdang ini perlu diapresiasi. Karena selama ini kepengurusannya sempat vakum, kata Firsal. Kemudian Kadin Sumut mengambil alih sampai terpilih kepengurusan baru. “Semua terlaksana berkat kerja keras dan semangat seluruh unsur panitia baik organizing committee (OC), steering committee (SC), serta para pihak lainnya. Terimakasih untuk semua dukungannya,” kata dia.

Penandatanganan perjanjian kerjasama

 

Usai pengukuhan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan sekaligus pembagian Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada pengurus Kadin Deliserdang.

Kadin Sumut dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat menciptakan sinergitas dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi anggota di Kadin Sumatera Utara.

BPJS Ketenagakerjaan juga sepakat mendorong anggota Kadin Sumut mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta program jaminan sosial ketenagakerjaan. Pelaksanaan sosialisasi dan edukasi secara bersama akan dilaksanakan terutama yang berhubungan dengan hak dan kewajiban sebagai peserta program jaminan sosial bagi para anggota Kadin.

Kerjasama ini juga menjadi salah satu upaya peningkatan kesadaran hukum bagi anggota Kadin memenuhi hak dan kewajiban tenaga kerja dalam memperoleh jaminan sosial ketenagakerjaan. Kedua pihak juga sepakat melakukan koordinasi dan komunikasi secara intensif dalam hal pemberian layanan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. MoU itu juga menyepakati hal-hal lain terkait jaminan sosial ketenagakerjaan bagi anggota Kadin.

Turut hadir dalam rangkaian acara ini dewan pengurus Kadin Sumatera Utara diantaranya WKU Komunikasi dan Informatika Chyang, WKU Pendidikan dan Kebudayaan Indra Prawira, WKU Ketenagakerjaan Ricky, Komite Tetap Penyelesaian dan Perselisihan ALB Lina Shi, Komite Tetap RRT Agustine Thamran.

Hadir juga Komite Tetap Pelatihan Wirausaha Vivi Teja, Komite Tetap Pengendalian Perubahan Iklim Surya Minata Lie serta Direktur Eksekutif Diaz Wardianto WK beserta tim sekretariat lalu Ketua Kadin Medan Armand Chandra dan Ketua Kadin Langkat Zulkifli. (red)