Beberapa Fakta Penangkapan Teroris Di Lampung Yang Akibatkan Anggota Densus 88 Tertambak

Densus 88 Anti Teror menangkap seorang pria terduga teroris. Pria yang diketahui berinisial Y (48) tersebut ditangkap di Kota Malang
Densus 88 Anti Teror menangkap seorang pria terduga teroris. Pria yang diketahui berinisial Y (48) tersebut ditangkap di Kota Malang

 

MEDAN, kaldera.id – Penangkapan kelompok terduga teroris di Lampung dilakukan oleh Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri. Dalam peristiwa yang diwarnai aksi baku tembak itu, sejumlah orang anggota terduga teroris tewas dan ada anggota Densus 88 tertembak.

Berikut sederet hal yang diketahui sejauh ini terkait aksi baku tembak hingga penangkapan kelompok terduga teroris di Lampung oleh Densus 88:

Dilansir detikSumut, peristiwa baku tembak antara Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri dengan kelompok terduga teroris di Lampung terjadi di dua TKP berbeda. Peristiwa itu terjadi pada Rabu (12/4/2023) pukul 19.30 WIB.

Lokasi baku tembak tersebut terjadi di kawasan Hutan Register yang berada di Kabupaten Pringsewu, Lampung. Lokasi kedua terjadi di Kampung Sendang Baru, Kabupaten Lampung Tengah.

2 Anggota Terduga Teroris Tewas

Dilansir detikSumut, dalam aksi baku tembak antara Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri dengan kelompok terduga teroris di Lampung itu, diketahui dua orang anggota terduga teroris tewas.

Belum diketahui pasti identitas dua anggota terduga teroris yang tewas dalam baku tembak tersebut. Saat ini dikabarkan bahwa jenazah keduanya telah berada di RS Bhayangkara Polda Lampung.

Anggota Terduga Teroris Lain Diburu

Dikonfirmasi terkait peristiwa baku tembak antara Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri dengan kelompok terduga teroris di Lampung, Kabag Bantuan Operasi Densus 88, Kombes Aswin Siregar membenarkan hal itu.

“Benar, anggota Densus 88 sedang menangani kasus ini dengan intensif. Segera kami update ya,” kata Aswin Siregar kepada detikSumut, Rabu (12/4/2023) malam.

Saat ini, Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri masih memburu beberapa orang anggota dari kelompok terduga teroris lainnya yang terlibat dalam peristiwa baku tembak tersebut.

2 Anggota Tewas Termasuk Jaringan JI

Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri mengungkap dua orang anggota terduga teroris yang tewas dalam aksi baku tembak teroris di Lampung itu merupakan jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

“(Dua teroris yang tewas dalam baku tembak di Lampung itu jaringan) JI,” kata Juru bicara Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Kamis (13/4/2023).

Aswin belum bicara banyak terkait identitas kedua terduga teroris tewas dan kronologi peristiwa baku tembak tersebut. Dia menyampaikan hal itu akan disampaikan dalam konferensi pers.

“Nanti kami rilis setelah identifikasi,” ujarnya.

Satu Anggota Densus 88 Tertembak

Satu anggota Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri tertembak dalam peristiwa baku tembak penangkapan kelompok teroris di Lampung. Saat ini anggota Densus 88 tersebut dalam kondisi baik dan tengah menjalani perawatan di RS Bhayangkara Polda Lampung.

“Ada satu itu anggota Densus di RS Bhayangkara, lagi dirawat,” kata sumber kepada detikSumut, Kamis (13/4/2023).

Kabag Bantuan Operasi Densus 88, Kombes Pol Aswin Siregar turut membenarkan adanya anggota yang tertembak. “Benar, tertembak pada bagian pahanya,” ungkap Aswin kepada detiksumut.

4 Anggota Terduga Teroris Ditangkap

Lebih lanjut, Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri juga menangkap empat terduga teroris terkait aksi baku tembak penangkapan kelompok teroris di Lampung. Total ada enam orang anggota terduga teroris yang ditangkap.

“Enam dengan yang meninggal dunia,” kata juru bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar, dilansir detikSumut, Kamis (13/4/2023).

Aswin belum bicara banyak terkait identitas dan peran keenam anggota kelompok terduga teroris tersebut. Dia menuturkan keenam terduga teroris itu merupakan jaringan Jamaah Islamiyah (JI). (det)