Atlet Drumband Pusatkan Latihan di Siosar, Perkuat Fisik untuk 7 Medali Emas PON 2024

Pengprov Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Sumut akan memusatkan latihan persiapan atlet drumband Sumut ke PON XXI/2024 Aceh Sumut di Puncak Siosar, Karo.
Pengprov Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Sumut akan memusatkan latihan persiapan atlet drumband Sumut ke PON XXI/2024 Aceh Sumut di Puncak Siosar, Karo.

 

MEDAN, kaldera.id – Pengprov Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Sumut akan memusatkan latihan persiapan atlet drumband Sumut ke PON XXI/2024 Aceh Sumut di Puncak Siosar, Karo.

Dengan berlatih di Siosar, diharapkan akan meningkatkan kemampuan fisik atlet.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pengprov PDBI Sumut, H. Baharuddin Siagian diwakili Wakil Ketua 1 Pengprov PDBI Sumut, Apri Sugiarto didampingi Sekretaris Pengprov PDBI Sumut, Fachrur Razi di Posko Publikasi PON XXI/2024 Wilayah Sumut, Selasa (20/6/2023).

“Peningkatan kemampuan fisik sangat penting, karena dari 17 nomor yang akan dipertandingkan di PON 2024, 15 nomor pertandingan membutuhkan kemampuan fisik yang prima. Dalam meningkatkan fisik atlet akan berlatih beban, dan berlatih di Siosar,” kata Apri Sugiarto.

Berlatih di dataran tinggi dikatakan sangat baik, Siosar dengan ketinggian 1.750 MDPL, bahkan lebih baik dan lebih tinggi dari daerah Pengalengan di Jabar,” tambah Apri.

 

22 atlet mengikuti Pelatda

PDBI Sumut saat ini mempersiapkan 22 atlet mengikuti Pelatda. Meski, belum Pelatda penuh, para atlet mulai Jumat sampai Minggu dipanggil ke Medan latihan gabungan di kawasan Astaka. Kemampuan atlet drumband Sumut dikatakan cukup merata sehingga berasal dari berbagai kabupaten/kota. “Sebab itu setiap Jumat hingga Minggu atlet latihan bersama di Medan, pada hari lainnya berlatih di daerah masing-masing,” ungkap Apri.

Atlet Pelatda drumband Sumut akan ditangani enam orang pelatih, merupakan hasil seleksi dari Porprovsu dimana terjaring 100 atlet, sehingga PDBI Sumut SDM atlet yang cukup dan memiliki tiga lapis atlet.

Dari 17 nomor yang dipertandingkan, PDBI Sumut menargetkan untuk meraih 7 medali emas di PON 2024.

Target medali dibidik dari nomor LBJP (5 emas plus 1 perak), LKKB (2 emas 2 perak), dan LBB dan Unjuk Gelar masing-masing ditargetkan perunggu.
Target 7 emas jauh lebih besar daripada Raihan emas PON Jabar, dimana drumband Sumut saat itu mempersembahkan 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu.

Namun, Apri memperkirakan sejumlah provinsi akan menjadi rival Sumut dalam mewujudkan target, diantaranya DIY, Jatim dan Jabar.

Dalam mempersiapkan tim drumband Sumut, PDBI Sumut melakukan tahapan-tahapan seperti pembentukan character building, menerapkan sport science, melibatkan ahli gizi, terapi masseur dan psikolog secara berkala.

Dikatakan, meski sebagai tuan rumah mendapat wildcard lolos PON, PDBI tetap akan mengikuti sejumlah kejuaraan yang menjadi babak kualifikasi PON, baik di Jabar dan Yogyakarta.

“Kita tetap ikut babak kualifikasi, dalam memantau kemampuan lawan,” sebutnya.
Sementara itu, Wasping KONI Sumut, Sofyan Mengapresiasi persiapan PDBI Sumut yang dipimpin H Baharuddin Siagian. “Menurut saya persiapan drumband Sumut luar biasa, apalagi dipimpin langsung Kadisporasu,” kata Sofyan.

PDBI Sumut bahkan sudah membawa atlet berlatih di training camp Siosar, dan nantinya latihan Pelatda penuh nantinya akan dilakukan ke Siosar.(f rozi/red)