Syarat dan Cara Mendaftar KIP Kuliah 2023

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah
Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

 

MEDAN, kaldera.id – Mahasiswa yang berminat untuk mendapat beasiswa dari Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah jangan sampai ketinggalan. Tenggat waktu pendaftaran KIP Kuliah semakin dekat, detikers bisa mendaftarkan diri sebelum 31 Oktober 2023.

Beasiswa KIP Kuliah Merdeka ini merupakan transformasi dari Bidikmisi. Mahasiswa yang ikut KIP akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup.

Simak syarat dan cara mendaftar KIP Kuliah 2023 dilansir dari detikEdu.

Syarat Penerima KIP Kuliah 2023

1. Lulusan SMA/SMK/sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal 2 tahun sebelumnya.
2. Lulus seleksi masuk perguruan tinggi akademik/vokasi dan diterima di PTN/PTS di prodi yang sudah terakreditasi dan tercatat dalam sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.

3. Mempunyai potensi akademik baik, namun terkendala ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin atau dengan pertimbangan khusus yang didukung dokumen sah.

Cara Daftar KIP Kuliah 2023 Secara Mandiri

1. Buka https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
2. Masukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email aktif
3. Data-data yang dimasukkan serta kelayakan memperoleh KIP Kuliah akan divalidasi sistem. Jika sukses tervalidasi maka sistem akan mengirim nomor pendaftaran dan kode akses ke email yang didaftarkan.
4. Masuk ke laman KIP Kuliah dengan memasukkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk menyelesaikan registrasi serta memilih jalur seleksi.
5. Selesaikan proses pendaftaran sesuai jalur seleksi, baik itu SNBP/SNBT/mandiri.
6. Calon penerima beasiswa yang sudah diterima di perguruan tinggi tujuan, akan mendapat verifikasi lanjutan dari kampus sebelum diusulkan ke Puslapdik.

Nah, bagi kalian yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan tetapi belum mendaftar KIP Kuliah, segera daftarkan diri sebelum ditutup ya! (det)