Gus Irawan Minta Pemerintah Lanjutkan Digitalisasi UMKM

Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu berharap pemerintah terus mendorong digitalisasi UMKM untuk berkembang dan berkelanjutan.
Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu berharap pemerintah terus mendorong digitalisasi UMKM untuk berkembang dan berkelanjutan.

 

MEDAN, kaldera.id – Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu berharap pemerintah terus mendorong digitalisasi UMKM untuk berkembang dan berkelanjutan.

Hal itu, menurutnya, dapat dilakukan melalui pemerataan infrastruktur pendukung digital, insentif perpajakan, dan peningkatan bantuan sumber daya usaha sehingga meningkatkan daya saing UMKM. Hal ini disampaikannya kepada media di Jakarta, Jumat (15/09/2023).

Legislator Fraksi Gerindra ini menyampaikan dampak positif dari perluasan dan kedalaman peran pemerintah dalam upaya Go Digital UMKM yaitu peningkatan ekosistem digital UMKM.

“Untuk Go Digital, UMKM membutuhkan juga peran pemerintah khususnya dalam literasi digital, modal usaha bisnis online, perangkat digital, pengetahuan operasional dan ketenagakerjaan”, ungkapnya.

Legislator Sumut ini mengingatkan harus ada peta jalan yang jelas dan komprehensif terkait konsep digitalisasi UMKM antara hulu dan hilir.

Peta jalan tersebut penting memperhatikan relevansi antara kebijakan pemerintah dengan berbagai karakteristik kebutuhan yang dialami UMKM.

“Transformasi digitalisasi UMKM membutuhkan transisi proses, perlu sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk membangun ekosistem digital dalam rangka pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” kata Gus Irawan.

Gus Irawan pun mendorong penguatan keberpihakan kebijakan pemerintah yang berkeadilan terhadap UMKM, ini penting dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

“Pemerintah bukan saja hadir, namun diharapkan meningkatkan implikasi berbagai permasalahan yang dialami UMKM dalam rangka perkembangan digitalisasi UMKM”, tuturnya.