Ketum KONI Pusat Marciano Targetkan Venue PON XXI di Sumut Tuntas Juli 2024

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman, bersama jajaran pimpinan, melakukan tinjauan terhadap beberapa venue yang akan digunakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di wilayah Sumatera Utara. (HO/kaldera)
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman, bersama jajaran pimpinan, melakukan tinjauan terhadap beberapa venue yang akan digunakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di wilayah Sumatera Utara. (HO/kaldera)

DELISERDANG, kaldera.id – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman, melakukan tinjauan pada beberapa venue yang akan digunakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di wilayah Sumatera Utara. Setelah sebelumnya pada 26-27 Maret 2024, Ketua KONI Pusat telah meninjau venue di wilayah Aceh.

Didampingi oleh Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON XXI wilayah Sumut, Afifi Lubis, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, Baharuddin Siagian, rombongan pertama mengawali tinjauan di Sumut Sport Center di Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang, dan mengakhiri kunjungan di Gedung Bowling Disporasu.

“Kami melihat kemajuan proyek venue sebesar 90%,” ungkap Ketua KONI Pusat, Marciano, Selasa (2/4/2024).

Menurut Marciano, Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, secara keseluruhan, sudah dalam kondisi baik dengan kualitas pembangunan yang memuaskan.

Kemudian, rombongan melanjutkan tinjauan ke Martial Arts Arena, sebuah venue megah yang bisa digunakan untuk berbagai cabang olahraga. Diharapkan bahwa setelah PON XXI, venue ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama mereka yang berkecimpung dalam dunia olahraga prestasi.

Terakhir, rombongan mengunjungi Stadion Utama Sumatera Utara, yang akan menjadi tempat penutupan PON XXI Aceh-Sumut pada 20 September 2024. Stadion ini merupakan dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dengan kapasitas hingga 25.750 penonton dan fasilitas Royal Lounge untuk tamu VIP, stadion ini juga telah menggunakan teknologi ramah lingkungan seperti panel surya.

“Walaupun progres pembangunan Stadion Utama baru mencapai 26%, namun terdapat peningkatan sebesar 7% sehingga mencapai 33%,” papar Ketua KONI Pusat, mengapresiasi upaya tersebut.

“Diperkirakan Stadion Utama akan selesai pada bulan Agustus, namun kami berharap dapat selesai pada akhir Juli agar dapat digunakan untuk persiapan acara uji coba,” tambahnya.

Marciano Optimistis

Setelah melihat stadion utama, rombongan melanjutkan kunjungan ke Gedung Bowling Disporasu. Percobaan permainan boling dilakukan untuk memastikan kesiapan venue.

“Dengan keyakinan penuh, saya optimis Sumatera Utara akan menyelesaikan pembangunan venue-venue ini tepat waktu,” tambahnya.

“Pada malam harinya, akan dilangsungkan pertemuan antara Ketua KONI Pusat dan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut untuk membahas persiapan PON XXI Aceh-Sumut 2024,” ungkap Ketua KONI Pusat.

Di tengah apresiasi atas kerja keras semua pihak, Ketua KONI Pusat menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua PB PON XXI wilayah Sumut, yang juga merupakan Pj Gubernur Sumut, Mayjen TNI Purn. Dr. Hassanudin, serta seluruh masyarakat Sumatera Utara.

Sumut akan menjadi tuan rumah bagi 34 cabang olahraga yang melibatkan 5817 atlet, 2910 ofisial, dan 4763 panitia pelaksana. Daerah-daerah seperti Kota Binjai, Kota Medan, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Toba, Kabupaten Simalungun, dan Kabupaten Karo akan menjadi lokasi penyelenggaraan pertandingan.(reza sahab/red)