Tangani Covid -19, Pemkab Asahan Siapkan Rp26 Miliar Lebih

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Asahan, Rahmad Hidayat Siregar
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Asahan, Rahmad Hidayat Siregar

ASAHAN, kaldera.id – Pemkab Asahan menganggarkan Rp26 miliar lebih untuk penanganan Covid-19. Anggaran tersebut diambil dari beberapa sumber pendapatan.

“Anggaran tersebut bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID), Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik, pergeseran Dana Alokasi Umum (DAU), PAD dan lainnya,” ungkap Kadis Kominfo Asahan, Rahmad Hidayat Siregar, Selasa (14/4/2020).

Dalam penyediaan anggaran ini, Pemkab Asahan tidak perlu persetujuan DPRD. Sebab, cukup menggunakan Peraturan Bupati (Perbup) yang sudah disiapkan dan telah dilaporkan ke Gubernur Sumut, 7 April 2020 dan ke Kementerian 9 April 2020 lalu.

“Sesuai imbauan pemerintah pusat anggaran sampai 29 Mei harus disiapkan. Kita berharap sebelum tanggalnya penyebaran corona berakhir,” jelasnya.

Saat ini anggaran tersebut diperuntukkan buat keamanan kantor seperti, penyediaan alat dan tempat mencuci tangan, penjemputan TKI dan APD. Sedangkan lainnya, semua instansi sedang menghitung sekaligus menginput kebutuhan masing-masing. (fendi)