HUT Yayasan ke-20, SMA Unggul Del Gelar Penampilan Virtual Bertajuk “Nada untuk Cinta”

SMA Unggul Del menggelar penampilan seni virtual dengan tema
SMA Unggul Del menggelar penampilan seni virtual dengan tema "Nada untuk Cinta" dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Yayasan Del ke-20. Penampilan ini dilakukan oleh siswa- siswi SMA Unggul Del.

TOBA, kaldera.id- SMA Unggul Del menggelar penampilan seni virtual dengan tema “Nada untuk Cinta” dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Yayasan Del ke-20. Penampilan ini dilakukan oleh siswa- siswi SMA Unggul Del.

SMA Unggul Del, sebagai salah satu unit dan afiliasi Yayasan Del menaruh perhatian khusus terhadap situasi pandemi Covid-19 ini. Atas hal itu, SMA Unggulan Del menginisiasikan penampilan seni virtual untuk membangkitkan kembali semangat anak Indonesia.

Terlebih, di masa pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir memberikan banyak tantangan untuk semua kalangan, termasuk anak-anak muda usia sekolah. Salah satu tantangan nyata yang dirasakan adalah turunnya motivasi anak yang dipengaruhi oleh kondisi kesehatan mental.

Selain untuk menyampaikan pesan bahwa pandemi tidak membatasi kreativitas anak, penampilan seni virtual ini juga merupakan kontribusi SMA Unggul Del dalam acara perayaan HUT ke-20 Yayasan Del yang mengusung tema “Warisan Untuk Bangsa”.

“Saya yakin kegiatan ini dapat menjadi platform yang efektif untuk menyalurkan energi positif bagi anak Indonesia di tengah situasi pandemi yang menimbulkan banyak tekanan,” kata Ketua Panitia Acara HUT ke-20 Yayasan Del Kerri Na Basaria, Kamis (12/8/2021).

Sementara itu, Gisella Tani Pratiwi selaku Psikolog Klinis Anak dan Remaja mengatakan berbagai penyesuaian harus dilakukan siswa dan guru untuk beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19 yang ternyata memberikan dampak buruk pada motivasi belajar anak.

Menurutnya, kondisi pandemi yang tiba-tiba tidak terprediksi menuntut adaptasi banyak berubah dalam segala aspek kehidupan anak. Perubahan dan adaptasi ini dapat memicu stres yang nantinya akan berpengaruh pada kesehatan mental anak.

“Di masa yang penuh keterbatasan ini, penting bagi anak untuk memiliki sarana ekspresi, mengembangkan potensi diri, serta menikmati hiburan yang dapat meningkatkan kemampuan resiliensi mereka. Oleh karena itu, saya mendukung adanya kegiatan bertema kesenian, seperti penampilan seni virtual yang dilaksanakan oleh SMA Unggul Del,” jelasnya.

Kemudian, Kepala Sekolah SMA Unggul Del, Arini Desianti Parawi menyampaikan latar belakang penampilan seni virtual “Nada untuk Cita” ini ingin membangkitkan semangat anak, tidak hanya di lingkungan SMA Unggul Del tetapi juga anak-anak lain di seluruh Indonesia.

“Maka dari itu, SMA Unggul Del melalui penampilan seni virtual “Nada untuk Cita” ingin membangkitkan semangat anak, tidak hanya di lingkungan SMA Unggul Del, tetapi juga anak-anak lain di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa pandemi Covid-19 tidak akan membatasi generasi muda untuk berkarya,” jelasnya.

Dijelaskan Arini, SMA Unggul Del percaya bahwa penampilan seni virtual ini dapat membangkitkan kembali semangat anak, sambil menyadarkan bahwa pandemi ini bukanlah halangan bagi kita semua untuk berkarya.

Penampilan seni virtual “Nada Untuk Cita” oleh SMA Unggul Del ini menampilkan berbagai pertunjukan bakat dari siswa-siswi seperti, musikalisasi puisi, fashion show, seni tari dan lainnya. Kegiatan ini juga ditayangkan secara daring melalui kanal YouTube SMA Unggul Del dan Radio Del FM. (finta rahyuni)