Pelihara Ayam Potong 12 Ribu Ekor Siap Dipasarkan, SMK Putra Jaya Diapresiasi Plt Bupati

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin
Plt Bupati Langkat, Syah Afandin

 

LANGKAT, kaldera.id – Plt Bupati Langkat, Syah Afandin meresmikan
Gedung Praktik Siswa (RPS) dan Kandang Ayam Close House/Layer SMK Pusat Keunggulan, Yayasan SMK Pertanian Perternakan (PP) Putra Jaya, Selasa (14/6/2022).

Kemajuan SMK tersebut diapresiasi Syah Afandin dan diharapkan diikuti sekolah kejuruan lainnya. Mengingat, apa yang dilakukan pihak sekolah mewujdkan visi Presiden Joko Widodo, terkait pembenahan pendidikan vokasi (penguasaan keahlian terapan tertentu) sebagai strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

“Pengembangan SDM Indonesia salah satunya melalui SMK pusat Keunggulan,” sebutnya.

Dirinya merasa yakin SDM anak bangsa pasti maju dengan memiliki kompetensi keahlian beragam dalam peningkatan kualitas dan kinerja. Hal ini diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan kurikulum dengan dunia usaha, industri dan dunia kerja.

BACA JUGA :  Edi Sinuraya: FPG Sesalkan Pernyataan Gubsu Edy Rahmayadi di DPRD Langkat

Sementara itu, Kepala Yayasan SMK PP Putra Jaya, Hardianto menjelaskan, pihaknya dipercayai sebagai SMK Pusat Keunggulan 2021. Bahkan, bantuan dari pemerintah dialokasikan untuk pembangunan kandang close housemate broiler dan layer melalui konsentrasi keahlian agribisnis ternak unggas dan agribisnis tanamam perkebunan.

“Saat ini sudah dilakukan pemeliharaan ayam potong berjumlah 12 ribu ekor dan melakukan pengelolaan biji kopi yang siap dipasarkan,” katanya.

Saat ini pihaknya juga sudah melakukan MoU dengan beberapa perusahaan, perguruan tinggi negeri dan swasta guna mendukung program tersebut. “Kami juga berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Sumut dalam pendidikan vokasi pada peningkatkan tenaga kerja unggul, terampil dan kompeten,” tambahnya.(reza)