PBAK FIS UINSU Sambut Mahasiswa Baru jadi yang Terdepan

Plt Dekan FIS UINSU Dr Maraimbang Daulay (dua dari kiri) menyerahkan sertifikat penghargaan pada Kolonel (Sus) Solihuddin Nasution yang menjadi narasumber kunci dalam PBAK FIS 2022.
Plt Dekan FIS UINSU Dr Maraimbang Daulay (dua dari kiri) menyerahkan sertifikat penghargaan pada Kolonel (Sus) Solihuddin Nasution yang menjadi narasumber kunci dalam PBAK FIS 2022.

 

DELISERDANG, kaldera.id – Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), menyambut 439 mahasiswa baru dengan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK), di Kampus IV UINSU, Durin Jangak, Pancur Batu, Deliserdang, Rabu (31/8/2022).

Dalam PBAK 2022, FIS UINSU mengundang sejumlah narasumber antara lain Kasubdit Bina Masyarakat BNPT RI, Kolonel (Sus) Solihuddin Nasution.

Plt Dekan FIS UINSU, Dr Maraimbang Daulay, MA, dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang pada mahasiswa baru. “FIS punya semangat sebagai yang terdepan. Kami harap anak-anak kami yang akan menempuh pendidikan di FIS dapat merasakan hal serupa,” tukasnya saat membuka PBAK FIS 2022.

Dalam pembukaan itu turut hadir Wakil Dekan I, Dr Sori Monang, M.Th; Wakil Dekan II, Dr Irwansyah, M.Ag; Wakil Dekan III, Yoserizal Saragih, M.I.Kom, dan Kepala TU FIS Lies Utami Efni Safitri.

FIS Terdepan, kata Maraimbang, memiliki makna bahwa FIS yang saat ini memiliki empat program studi yakni Ilmu Perpustakaan, Ilmu Komunikasi, Sosiologi Agama dan Sejarah Peradaban Islam, berupaya mendorong civitas akademiknya untuk menjadi yang terbaik di bidang masing-masing.

“Sumber daya yang dimiliki FIS sebagai fakultas yang berusia 7 tahun, sudah cukup baik. Ini akan sangat mendukung, anak-anak mahasiswa baru dalam proses pendidikan nantinya,” ujar Maraimbang yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor IV UINSU.

Hadir juga Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan, Dr Abdul Karim Batubara; Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Dr M Alfikri; Ketua Prodi Sejarah Peradaban Islam, Yusra Dewi Siregar, MA; Ketua Prodi Sosiologi Agama, Dr Sakti Ritonga dan jajaran Sekretaris Prodi tersebut.

Sementara Ketua Panitia PBAK FIS 2022, Dr Fakhrur Rozi, M.I.Kom, mengatakan, dalam PBAK ini selain mengundang narasumber di tingkat fakultas, juga menghadirkan pembicara untuk keprodian yakni Prayugo Utomo (Jurnalis IDN Times), Dr Firmansyah (Dosen Islam Multikultural), Ery Soedewo (Balai Arkeologi Medan), dan Diana Maulida Zakiah (Dosen Ilmu Perpustakaan).

“Kehadiran narasumber ini diharapkan dapat memberikan motivasi pada mahasiswa baru yang akan menempuh studi di masing-masing keilmuan,” ucapnya.

Dosen yang menyenangi studi media, budaya dan kaum milenial ini, menambahkan pada tahun ini peserta PBAK FIS 2022 berjumlah 439 mahasiswa dengan rincian Prodi Ilmu Komunikasi 227 orang, Prodi Ilmu Perpustakaan 106 orang, Prodi SPI 52 orang, dan Sosiologi Agama 54 orang mahasiswa.

“Untuk tahun ini PBAK menerjemahkan tema Menegakkan Budaya Akademik dan Sopan Santun Berbangsa, yang dimintakan oleh Rektor UINSU,” pungkasnya.(efri/red)