Bakal Calon Bupati Sergai Sembuh Covid-19, Senin Pemeriksaan Kesehatan

Ketua KPU Serdangbedagai, Erdian Wirajaya
Ketua KPU Serdangbedagai, Erdian Wirajaya

MEDAN, kaldera.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan perkembangan terkait data bakal calon kepala daerah yang masih positif COVID-19. Di Sumatera Utara, bakal calon Bupati Serdangbedagai dan bakal calon Sibolga sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Ketua KPU Serdangbedagai (Sergai), Erdian Wirajaya, yang dihubungi membenarkan hal itu. Dia mengatakan bakal calon Bupati Sergai atas nama Soekirman, sudah mengirimkan hasil swab test yang menyatakan dirinya negatif Covid-19.

“Kami juga sudah melaporkannya ke KPU RI dan KPU Sumatera Utara. Jadi tahapan untuk pasangan bakal calon tersebut dilanjutkan,” kata Erdian, Sabtu (26/9/2020).

Dia mengatakan, pasangan bakal calon Soekirman – Tengku Ryan akan menjalani proses pemeriksaan kesehatan pada 28 September – 29 September 2020. Selanjutnya, juga akan dilakukan verifikasi administrasinya.
Sebelumnya, dilansir detik.com, Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting merilis beberapa bakal calon masih dinyatakan positif. Berdasarkan data, bakal calon ini berasal di Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Papua, dan Papua Barat.

BACA JUGA :  Syah Afandin Yakin APKASI Bantu Majukan Kabupaten di Sumut

Enam orang tersebut masih tercatat sebagai bakal calon. Hal ini karena belum dilakukan tes kesehatan hingga penetapan sebagai calon lantaran masih dinyatakan positif dan perlu menjalankan protokol kesehatan. Untuk diketahui, sebelumnya tercatat 60 bakal calon kepala daerah dinyatakan positif COVID-19.(reza sahab/dtc)

1. Jawa Timur, Malang. Bakal Calon Kepala Daerah
2. Kalimantan Utara, Nunukan. Bakal Calon Wakil Kepala Daerah
3. Sulawesi Utara, Bolaang Mongondow Selatan. Bakal Calon Kepala Daerah
4. Sulawesi Utara, Bolaang Mongondow. Selatan Bakal Calon Wakil Kepala Daerah
5. Papua, Yahukimo. Bakal Calon Kepala Daerah.
6. Papua Barat, Manokwari Selatan. Bakal Calon Kepala Daerah