KPU Medan: Surat Suara Gambar AMAN Gelap Tak akan Dipakai

Tampilan Surat Suara Akhyar - Salman dan Bobby - Aulia
Tampilan Surat Suara Akhyar - Salman dan Bobby - Aulia

MEDAN, kaldera.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan memastikan tidak akan menggunakan surat suara gambar Akhyar-Salman yang cenderung lebih gelap dibandingkan Paslon Bobby Nasution- Aulia Rachman.

“Gambar Paslon 1 terlihat gelap dan ini kita sortir. Ini tidak akan digunakan untuk di TPS nanti. Kita pastikan tidak digunakan,” kata Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Damanik dihadapan Timses Akhyar-Salman di Gedung Andromeda eks Polonia Medan, Kamis (19/11/2020).

Agussyah menyebut surat suara itu nantinya juga akan kembali disaring oleh tim yang sudah disiapkan oleh KPU untuk memastikan kembali masih ada surat suara yang rusak atau tidak.

“Nanti akan kita saring lagi. Nanti ada tim yang menyaring surat suara yang sudah di sortir lipat itu. Kemudian nanti pas mengepakkan juga akan kita lihat lagi,” tambahnya.

Hingga saat ini, katanya, jumlah surat suara Akhyar-Salman yang cenderung gelap masih sedang proses identifikasi oleh pihak KPU. Ia menyebut, hingga hari ketiga penyortiran dan pelipatan surat suara masih ada sekitar puluhan surat suara yang rusak.

“Nah ini sedang kita identifikasi, ini kan sedang berjalan mulai dari tanggal 17, sekitar puluhan la masih dari total 1.643.175 yang disortir. Nanti totalnya akan diketahui pada tanggal 21,” jelasnya. (finta rahyuni)