Pemenang 12 Pilkada di Sumut Ditetapkan: Dari Anak Bupati hingga Pemenang yang Telah Pergi

Anggota KPU Sumut, Benget Silitonga.
Anggota KPU Sumut, Benget Silitonga.

MEDAN, kaldera.id – KPU menetapkan 12 pasangan calon (Paslon) terpilih di pilkada se- Sumatera Utara (Sumut). Para pemenang itu terdiri dari anak-anak bupati, dosen, anggota DPRD Sumut, bahkan ada pemenang yang telah pergi (meninggal).

Anggota KPU Sumut Benget Silitonga menyebutkan, pada umumnya penetapan dilakukan pada Kamis (21/1/2021), seperti Binjai, Serdang Bedagai, Pakpak Bharat, Labuhanbatu Utara, Pematangsiantar, Toba, Humbang Hasundutan, Sibolga, Nias Utara, Nias Barat dan Gunungsitoli. Sedangkan KPU Simalungun sudah menetapkan paslon terpilih kemarin.

“Penetapan Paslon terpilih merupakan tahapan lanjutan setelah rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU. Pasangan calon yang ditetapkan adalah peraih suara terbanyak dalam pemilihan. Setelah ditetapkan sebagai calon terpilih oleh KPU, maka akan dilakukan pelantikan yang menjadi kewenangan pemerintah,” kata Benget kepada wartawan, Kamis, (21/1/2021).

Kata dia, penetapan di 11 kab/kota lainnya terhalang sengketa pemilu dan masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Penetapan Paslon terpilih oleh KPU ini kata dia, dilakukan karena tidak adanya sengketa perselisihan hasil pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK) atas hasil Pilkada di 12 kabupaten/kota ini.

Anak Bupati hingga Pemenang yang Meninggal

Di antara 12 pasangan pemenang Pilkada itu adalah adalah anak Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Adlin Tambunan, yang ditetapkan menjadi pemenang Pilkada Serdang Bedagai sebagai wakil bupati mendampingi Dharma Wijaya. Sementara, anak Bupati Labuhanbatu Utara Hendri Yanto Sitorus sukses menggantikan ayahnya menjadi Bupati Labura yang sudah menjabat dua periode.

Sementara di Pakpak Bharat, Anggota DPRD Sumut yang juga anak Mantan Bupati Dairi MP Tumanggor, Franc Bernhard Tumanggor ditetapkan menjadi Bupati Pakpak Bharat bersama wakilnya Mutsyuhito Solin, yang dikenal sebagai dosen Unimed. Sedangkan di Pematangsiantar, Asner Silalahi yang meninggal beberapa hari lalu juga ditetapkan sebagai pemenang oleh KPU.(finta rahyuni)

Berikut daftar paslon Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota pemenang Pilkada di 12 kab/kota yang ditetapkan:
1. Binjai: Juliadi-Amir Hamzah
2. Serdang Bedagai: Darma Wijaya-Adlin Umar Yusri Tambunan
3. Pakpak Bharat: Franc Bernhard Tumanggor-Mutsyuhito Solin
4. Labuhanbatu Utara: Hendri Yanto Sitorus-Samsul Tanjung
5. Pematang Siantar: Asner Silalahi-Susanti Dewayani
6. Simalungun: Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zonny Waldi
7. Toba: Poltak Sitorus-Tonny M Simanjuntak
8. Humbang Hasundutan: Dosmar Banjarnahor-Oloan Nababan,
9. Sibolga: Jamaludin Pohan-Pantas Maruba Lumbantobing
10. Nias Utara: Amizaro Waruwu-Yusman Zega
11. Nias Barat: Khenoki Waruwu-Era Era Hia
12. Gunungsitoli: Lazomhizaro Zebua- Sowa’a Laoli.