Rilis 4ICU 2020, UMSU Peringkat 1 PTS di Sumatera Utara

Koordinator L2Dikti Wilayah 1, Prof. Dian Armanto.
Koordinator L2Dikti Wilayah 1, Prof. Dian Armanto.

MEDAN, kaldera.id – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi pemeringkatan yang dirilis oleh 4ICU University Rankings 2020.

Sekadar memberitahukan, 4ICU (4 International Colleges & Universities) merupakan lembaga pemeringkatan direktori dan ranking perguruan tinggi di dunia yang dibuat oleh web 4icu.org.

Lembaga ini setiap tahunnya mempublish top universitas rangking secara global maupun nasional di satu negara.

UMSU berada di urutan 53 perguruan tinggi terbaik se-Indonesia dan menjadi perguruan tinggi swasta peringkat pertama di Sumatera Utara.

UMSU jauh mengungguli PTS lain di Sumut seperti, Universitas Medan Area (UMA), Universitas Panca Budi dalam daftar yang disusun pemeringkatan 4ICU University Rankings 2020.

UMA sendiri berada di peringkat 78, Universitas Panca Budi berada di peringkat 176. Bahkan, Universitas Potensi Utama berada di peringkat 152, Bahkan, Universitas Islam Sumatera Utara di peringkat 186.

UMSU juga masuk dalam urutan 34 Top Islamic Universities in the World. Posisi UMSU berada di bawah University Sains Islam Malaysia (29), Jordan University of Science and Technology (30) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (31), Taibah University (32), Osmania University (33).

Dari daftar rangking yang dipublikasikan 4ICU University Rankings 2020, tampak kenaikan peringkat sejumlah universitas di Sumut.

Adanya Perbaikan Mutu Dilakukan Pihak Universitas

Kepala LLDikti Wilayah 1 Sumut, Dian Armanto mengatakan, naiknya peringkat beberapa perguruan tinggi di Sumut, pertanda adanya perbaikan mutu yang dilakukan pihak universitas.

“Kondisi ini tentu sangat menggembirakan dan diharapkan kualitas pendidikan di kampus bisa terus dipacu untuk ditingkatkan,” ungkapnya, Rabu (3/6/2020).

Pihaknya terus mengajak pihak universitas bekerjasama guna menjalankan program-program dikti agar lebih baik lagi ke depan. “Saya kira untuk akreditasi internasional kiranya sudah perlu dipertimbangkan kembali,” tambahnya.

Menurutnya ada beberapa kriteria yang dijadikan rujukan untuk menentukan peringkat performa sebuah perguruan tinggi.
Pertama, derajat akreditasi.

Dimana saat ini UMSU sudah meraih Akreditasi A untuk institusi dan sudah ada 10 program studi di UMSU yang juga terakreditasi A. “Tak kalah pentingnya lagi adalah publikasi,” katanya.

Penilaian yang dilakukan 4ICU University Rankings sifatnya tidak meninjau langsung, maka publikasi yang dilakukan universitas sangat menentukan.

Pada saat sekarang ini, pemanfaatan media publikasi tidak bisa diabaikan karena masyarakat bisa menilai dan mengkonfirmasi aktifitas yang dilakukan.

“Publikasi itu sekarang sangat menentukan, bukan hanya di tingkatan universitas, tapi juga individual dosen. Apakah yang dilakukan dosen secara individual, baik itu publikasi diri dosen melalui jurnal ataupun melalui penelitian atau kegiatan lain, saya kira UMSU memfasilitasi publikasi itu,” katanya. (reza sahab)