Hari Guru, Baskami Soroti Pendidikan Moral dan Budi Pekerti

Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting menekankan pentingnya pendidikan moral dan budi pekerti dalam membentuk karakter anak bangsa ke depan.
Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting menekankan pentingnya pendidikan moral dan budi pekerti dalam membentuk karakter anak bangsa ke depan.

 

MEDAN, kaldera.id – Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting menekankan pentingnya pendidikan moral dan budi pekerti dalam membentuk karakter anak bangsa ke depan.

Hal tersebut disampaikan baskami saat kegiatan penyebaran wawasan kebangsaan, di Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor. Hadir di acara itu Ketua PAC PDI Perjuangan Medan Johor,Jusup Ginting beserta jajaran Kecamatan Medan Johor.

Politisi PDI Perjuangan itu menilai, pada momentum hari guru kali ini, perlunya penguatan nilai-nilai keteladanan, welas asih, budi pekerti kepada para siswa. Hal tersebut tak lepas dari peran sentral Bapak dan Ibu Guru.

“Hari guru ini, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para guru kami yang telah berjasa besar, berperan dalam membentuk mental serta karakter anak bangsa,” katanya Sabtu (25/11/2023).

Menurut Politisi PDI Perjuangan itu, Indonesia dewasa ini memgalami krisis moral, krisis kepemimpinan (leadership) dan keteladanan. Jika hal ini terus dibiarkan, maka tidak baik bagi generasi bangsa ini ke depan.

“Dahulu Bung Karno mencanangkan nation and character building, karena memang bangsa ini yang perlu dibentuk adalah mental dan karakternya. Hal tersebut merupakan kemauan kuat dari pemimpin bangsa, melihat tantangan yang dihadapi oleh generasi yang akan datang,” tambahnya.

Baskami menilai, kualitas atau kekuatan mental, moral, akhlak budi pekerti anak merupakan kepribadian khusus yang menjadi pendorong dan penggerak, serta yang membedakan dengan anak lainnya.

“Seorang anak yang cerdas, dilihat tidak hanya dari kemampuan akademiknya saja, namun dari perilaku, tutur bahasa, welas asih, sikap hormat dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Maka kita sebagai orangtua harus memberi contoh yang baik kepada anak,” jelasnya.

Baskami juga, berharap ke depan terjadi tren peningkatan kesejahteraan guru di Sumateta Utara dibarengi kelengkapan sarana dan pra sarana pendidikan yang semakin baik.

“Kita berupaya bersama-sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita dari segala sisi. Upaya ini harus kita lakukan terus dengan gotong-royong untuk mewujudkan generasi bangsa yang unggul ke depan,” pungkasnya.(efri surbakti/red)