Saat Fotografer Siantar Diskusi Kreatif di Tengah Pandemi

PEMATANGSIANTAR, kaldera.id – Lensa Project Siantar melakukan Diskusi Fotografi di Cafe Twentysix, Jumat (9/10/2020). Diskusi ini menampilkan fotografer kenamaan Johnny Siahaan, Yudha Pohan, dan Faisal Reza sebagai pembicara.

Meski di tengah pandemi, kegiatan kreatif ini diikuti oleh 27 fotografer yang berasal dari kota Pematang Siantar yang dipandu oleh Ricky sebagai moderator. Johnny Siahaan berdiskusi membawa Fotografi Landscape.

Johnny bercerita bahwa di dalam fotografi ini terpenting adalah komposisi dan pencahayaan karena itu akan membuat foto menjadi menarik di landscape fotografi. Johnny menampilkan foto-foto Danau Toba yang indah yang biasa ia jelajahi selama ini.

Kemudian, Yudha Pohan diskusi tentang Travel Fotografi. Yudha yang suka bepergian dengan kameranya menampilkan foto-fotonya yang luar biasa membuat suasana makin menarik melihat keindahan negara-negara yang ia jelajahi.

“Di dalam foto travel ini, setiap pemotret diwajibkan memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar yang ia kunjungi. seorang fotografer di wajibkan memiliki asa, rasa dan karsa supaya menghasilkan cerita yang baik di dalam foto yang ia petik.” ungkap Yudha Pohan di sela sharing foto travelnya.

Hobi Fotografi juga Bawa Hoki

Sementara, Faisal Reza membawakan materi dari hobi jadi hoki di dalam fotografi. Pria yang sering disapa Ical ini bercerita tentang pengalamannya menjadi fotografer dari tahun 1998. Ia sendiri belajar awalnya dari studio foto seniornya di kampus yang membawanya menjadi fotografer profesional saat ini.

“Saya awalnya menyukai fotografi tanpa embel-embel apapun, hanya hobi saja. Dari hobi inilah saya bisa menafkahi keluarga saya di rumah hingga saat ini,” ujar Ical yang juga pernah menjadi pewarta foto di media nasional ini.

Erick dari Lensa Project menambahkan di dalam dunia fotografi banyak sekali yang bisa dipelajari setelah mendengar dari para pemateri. “Peserta sangat antusias mendengarkan sharing ini, dan ini menjadi kegiatan pertama saat pandemi covid ini di Pematang Siantar ” ujarnya kepada kami.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Lensa Project ini memberikan voucher 50% poongan harga pembuatan photo album beserta sertifikat untuk peserta yang hadir. Terlaksananya kegiatan ini tidak lepas dari pertisipasi Mari Print dan Central Foto.(red/reza sahab)