Mutasi Polri: Sandi Nugroho, Mantan Kapolrestabes Medan jadi Kadiv Humas

Brigjend Pol Sandi Nugroho ditunjuk sebagai Kadiv Humas Polri, Minggu (26/2/2023)
Brigjend Pol Sandi Nugroho ditunjuk sebagai Kadiv Humas Polri, Minggu (26/2/2023)

MEDAN, kaldera.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi di sejumlah jabatan perwira tinggi institusi Polri.

Mantan Kapolrestabes Medan, Brigjend Pol Sandi Nugroho, akan menjadi Kadiv Humas Polri menggantikan posisi Irjen Dedi Prasetyo yang menjabat Kadiv Humas Polri akan dipromosikan menjadi As SDM Polri.

Dengan promosi ini, Sandi yang alumni Doktor Ilmu Hukum USU ini akan menyandang bintang dua atau Inspektur Jenderal Polisi. Perwira kelahiran Salatiga, 1 Juli 1973 ini merupakan lulusan terbaik Akademi Polisi (Akpol) 1995. Sandi juga menyelesaikan sejumlah pendidikan Polri antara lain Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) 2002, Sespim Pol (2009), dan Sespimti (2018).

Lulus dari Akpol, Sandi Nugroho lalu mengawali karier di kepolisian menjadi Pama Polda Metro Jaya. Selanjutnya dipindah ke Pamapta Polres Metro Jakarta Pusat. Setelah itu, kariernya cemerlang. Sederet jabatan yang pernah diembannya antara lain Kapolsek Medan Labuhan Poltabes Medan (2002).

Kemudian, Kasat Reskrim Polresta Medan, Kapolres Bandung Polda Jabar, Kapolrestabes Medan, Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri, Kapolrestabes Surabaya, Penyidik Tindak Pidana Utama Tk. II Bareskrim Polri, dan Karojianstra SSDM Polri.

Dokumentasi saat Sandi Nugroho menjalani Sidang Promosi Doktor Ilmu Hukum, di USU, pada Februari 2020.
Dokumentasi saat Sandi Nugroho menjalani Sidang Promosi Doktor Ilmu Hukum, di USU, pada Februari 2020.

Pergeseran jabatan ini dituangkan dalam surat telegram Nomor:ST/498/II/KEP./2023 per tanggal 26 Februari 2023 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri.

Dalam surat yang sama, Kapolri juga menunjuk Irjen Wahyu Widada yang saat ini Asisten SDM Polri akan dipromosikan menjadi Kabaintelkam Polri. Disisi lain, Kabaintelkam Polri Komjen Ahmad Dofiri akan dirotasi menjadi Irwasum Polri. Menggantikan Komjen Agung Budi Maryoto yang telah memasuki masa pensiun.(f rozi/okz)