Ketua DPRD Medan Harapkan Raker Sebagai Ajang Berbagi Ide dan Gagasan

Pimpinan DPRD Medan berfoto bersama dengan Sekda Kota Medan
Pimpinan DPRD Medan berfoto bersama dengan Sekda Kota Medan

 

SIBOLANGIT, kaldera.id – Ketua DPRD Medan, Hasyim mengungkapkan, rapat kerja yang dilakukan anggota DPRD Medan diharapkan membawa perubahan positif bagi peningkatan kinerja serta mampu merumuskan dan menyepakati program kerja tahun 2024 yang lebih berkualitas.

Hal iini disampaikannya saat pembukaan rapat kerja DPRD Kota Medan dalam rangka Penyusunan Program Kerja Tahun 2024 di The Hill Hotel And Resort Sibolangit, Minggu sampai dengan Selasa (16 -18 Juli 2023). Dalam kegiatan tersebut, Walikota Medan, Bobby Afif Nasution yang diwakili
Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman, Sekretaris dewan DPRD Muhammad Ali Sipahutar, dan lainnya.

Kegiatan ini sendiri mengambil tema bergerak berkolaborasi untuk percepatan pelayanan publik dan akuntabilitas tata kelola pemerintahan mewujudkan Medan yang berkah, maju, dan kondusif.

 

Optimalisasi tri fungsi dewan

Hasyim menegaskan, komitmen untuk turut berpartisipasi aktif mengakselerasi pelayanan publik yang berkualitas dan berkelanjutan, seiring dengan peningkatan akuntabilitas tata
kelola pemerintahan, melalui optimalisasi tri fungsi dewan. Oleh karena itu, di 2024 nanti perlu mendorong peningkatan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik di berbagai sektor seperti, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan pelayanan masyarakat lainnya. “Kegiataj ini juga untuk memastikan bahwa warga Kota Medan mendapatkan akses yang mudah, cepat, dan berkualitas terhadap layanan yang mereka butuhkan,’ katanya.

Untuk itulah sangat diperlukan kerja sama anggota DPRD Medan dengan Pemko Medan dan berbagai pemangku kepentingan untuk merancang dan
melaksanakan program-program yang tepat sasaran. Apalagi saat ini sedang menyongsong pesta demokrasi tahun depan. “Sebagai wakil rakyat tentunya memiliki amanah untuk turut serta menjaga kekondusifan Kota Medan. Membangun Kota Medan dengan budaya dan peradaban yang lebih demokratik dengan upaya meningkatkan literasi publik,” jelasnya.

Dia pun mengajak kepada seluruh anggota dewan memanfaatkan rapat kerja sebagai wadah untuk berdiskusi, berbagi ide, dan membangun komitmen bersama. “Mewujudkan visi Kota Medan memerlukan kolaborasi melalui
program kerja tahun 2024 agar lebih produktif, tangguh, dan memberikan dampak serta kemanfaatan nyata bagi Kota Medan,” tambahnya.

“Pada rapat kerja ini, kita saling mendengarkan, berbagi gagasan, dengan tetap menghormati perbedaan pendapat untuk mencapai kesepakatan yang terbaik. saya mengajak semua Anggota DPRD Kota Medan untuk menjalin kerjasama yang kuat, mengedepankan kepentingan masyarakat di atas segalanya, dan bekerja secara sinergis dengan Pemko Medan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Walikota Medan, Bobby Nasution melalui Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman dalam sambutannya mengatakan, DPRD Kota Medan sebagai representasi dari masyarakat Kota Medan, harus mampu menyahuti aspirasi warga masyarakat yang diwakilinya. Apabila aspirasi ini tidak mampu ditindaklanjuti, maka hal ini pasti akan menjadi preseden buruk bagi lembaga DPRD Kota Medan.

Untuk itu kedepannya perlu dilakukan suatu perencanaan program yang baik agar kebutuhan dan pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan dan hasil yang ingin dicapai.

“Pemko Medan percaya pimpinan dan anggota DPRD Kota Medan terus mematangkan rencana kerja dalam upaya menyusun program kerja DPRD tahun 2023,” katanya.

Bobby juga berharap sinergi antara Pemko Medan dengan DPRD Kota Medan harus senantiasa dijaga agar selalu terjalin dengan harmonis. Tanpa adanya sinergi, maka semua proses pembangunan bisa jadi akan terhambat sehingga warga Kota Medan yang dirugikan.

Sebelumnya Sekretaris Dewan Muhammad Ali Sipahutar dalam sambutannya mengatakan, raoat kerja DPRD Kota Medan tahun 2023 ini diharapkan dapat membawa perubahan bagi Kota Medan.(reza)