Kahiyang Ayu Apresiasi Kelompok Tani Bogainvil, Manfaatkan Lahan Tidur Panen Cabai

Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu saat panen cabai
Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu saat panen cabai

 

MEDAN, kaldera.id  – Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu panen cabai merah bersama Kelompok Tani Bogainvil di lahan tidur Jalan Karikatur, Kelurahan Pulo Brayan Darat II, Kecamatan Medan Timur, Senin (12/2/2024). Hasil panen ini dijual kepada masyarakat disekitarnya guna mencukupi kebutuhan rumah tangga.

Sebelum dijual, cabai tersebut dikumpulkan dan ditimbang terdahulu. Kahiyang pun mengapresiasi kelompok tani tersebut yang telah memanfaatkan pekarangan kosong atau lahan tidur untuk penanaman cabai merah.

“Saya sangat mengapresiasi Kelompok Tani Bogainvile, Kelurahan PBD II, Medan Timur atas inisiasinya memanfaatkan pekarangan kosong dengan menanam cabai. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, tentunya pemanfaatan pekarangan seperti ini juga dapat membantu ekonomi dalam rumah tangga,” ungkapnya.

Ketua Kelompok Tani Bogainvile , Muhammad Fadli menjelaskan, awal mula lahan pekarangan ini dijadikan sebagai tempat untuk menanam cabai merah setelah mendapatkan bantuan dari Bank Indonesia dan Dinas Ketapang, Pertanian dan Perikanan Kota Medan.

“November tahun lalu kami mendapatkan bibit cabai merah dan diminta untuk mengolah bibit tersebut dengan memanfaatkan lahan tidur dan didukung masyarakat. Kami letakkan bibit cabai di lahan pekarangan ini dan Alhamdulillah tumbuh sehingga bisa di panen,” jelasnya.

Menurutnya, ini adalah panen yang keempat kalinya. Rata – rata setiap pohon menghasilkan 4 kg cabai.
Sedangkan kendala dihadapi dalam merawat cabai merah ini, selain cuaca adalah ketersediaan air. Karena tanaman cabai ini harus menggunakan air yang langsung dari tanah.

“Disini tidak ada sumur sehingga kita sedikit bekerja ekstra untuk mendapatkan air”, jelasnya seraya berharap akan mendapatkan bantuan pasokan air tanah untuk tanaman cabai. (reza)