Siaran pers Gugus Tugas Percepatan penanganan COVID-19 Prov. Sumatera Utara (15/4/2020).
Siaran pers Gugus Tugas Percepatan penanganan COVID-19 Prov. Sumatera Utara (15/4/2020).

MEDAN, kaldera.id- Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) terus bertambah hingga mencapai 102 orang pada Rabu (15/4/2020).

“Pasien masing-masing di tes melalui swab sebanyak 78 orang dan 24 orang melalui _rapidtest_,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Whiko Irwan dalam siaran persnya.

Dalam waktu yang sama, Whiko juga mengumumkan bahwa ada peningkatan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) menjadi 129 orang.

Sedangkan pasien yan dinyatakan sembuh dari Covid-19 sebanyak 12 orang dan meninggal sembilan orang.

“Seperti yang kita lihat bersama, bahwa masih terjadi penularan dan penyebaran penyakit ini di tengah masyarakat,” ujar Whiko

Ia mewakili Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, terus mengajak masyarakat untuk saling bantu dalam mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga, langkah ini diharapkan bisa menekan jumlah penderita Covid-19 di Sumut.

“Gugus Tugas Pemprov Sumut yang bekerjasama dengan gugus tugas kabupaten/ kota akan terus melakukan upaya mensosialisasikan covid-19 di wilayah-wilayah Sumut,” ucapnya.

Whiko pun mengatakan, jika masih terjadi lonjakan pasien Covid-19 bukan tak mungkin Sumut akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSSB) guna menekan kenaikan jumlah pasien Covid-19.

“Jika pun nanti masih ada lonjakan pasien Covid-19, tak menutup kemungkinan Sumut akan menerapkan PSSB. Walaupun hal tersebut merupakan alternatif terakhir,” jelasnya. (finta rahyuni)