Porto Pecundangi Juventus, Dortmund Menang di Kandang Sevilla

Juventus kalah 1-2 dari tuan rumah FC Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021
Juventus kalah 1-2 dari tuan rumah FC Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021

MEDAN, kaldera.id –  Juventus kalah 1-2 dari tuan rumah FC Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021. di Stadion do Dragao, Portugal, Rabu (17/2/2021) atau Kamis dini hari WIB.

Dua gol Porto yang bersarang ke gawang Juve berasal dari lesakkan Mehdi Taremi di menit ke 2′ dan Moussa Marega 46′. Adapun satu gol balasan Juventus dicetak oleh Federico Chiesa pada menit ke 82′.

Tim tamu Juventus memulai pertandingan dengan sangat buruk. Satu kesalahan fatal membuat gawang mereka langsung kebobolan ketika laga baru berjalan dua menit.

Kesalahan tersebut dilakukan oleh Rodrigo Bentancur. Gelandang asal Uruguay itu melakukan operan backpass ke kiper Wojciech Szczesny.

Namun, bola kirimannya terlalu tanggung. kemudian langsung disambar striker Porto Mehdi Taremi masuk ke gawang Szczesny. 1-0 tuan rumah unggul.

Tertinggal, Juventus meningkatkan tempo permainan. Namun, pertahanan rapat tuan rumah membuat Juventus kesulitan untuk memecah kebuntuan.

Satu-satunya shot on target Juventus pada babak pertama dihasilkan melalui tendangan salto Adrien Rabiot yang masih bisa ditepis kiper Porto Agustin Marchesin

Sementara itu, Porto yang lebih mengandalkan serangan balik justru tampil lebih greget. Dragoes empat kali melepaskan empat tembakan dengan dua di antaranya tepat sasaran, termasuk gol Taremi. Akan teyapi skor tak berubah hingga turun minum.

Di babak kedua, Juventus harus menerima kenyataan gawang mereka kebobolan untuk kedua kalinya ketika babak kedua baru berjalan 20 detik.

Gol tersebut berawal dari penetrasi Wilson Manafa dari sisi kanan penyerangan. Manafa kemudian mengirim umpan tarik ke Moussa Marega yang berdiri di area penalti Juventus.

Dengan sekali kontrol, Marega kemudian melepaskan sepakan mendatar kaki kiri yang tidak dapat dibendung Szczesny, 2-0.

Juventus benar-benar kewalahan menghadapi permainan cepat Porto. Di menit ke 52′, Juventus nyaris kebobolan untuk ketiga kalinya. Beruntung, sepakan jarak dekat Sergio Oliveira masih bisa dimentahkan Szczesny.

Setelah itu, Juventus meningkatkan daya serang mereka dengan memasukkan Alvaro Morata yang menggantikan Weston McKennie.

Namun, Juventus masih saja kesulitan menemukan celah di barisan pertahanan Porto yang dipimpin oleh Pepe.

Juventus menyiasatinya dengan beberapa kali melepaskan tembakan jarak jauh, tetapi cara itu belum juga efektif.

Setelah beberapa kali gagal, Juventus akhirnya berhasil mencetak gol pada menit ke 82 ‘melalui sepakan Federico Chiesa.

Gol tersebut berawal dari umpan tarik Adrien Rabiot dari sisi kiri penyerangan. Bola tepat menuju Chiesa yang berdiri tak terkawal di kotak penalti Porto.

Tanpa kontrol, Chiesa langsung menyepak si kulit bundar ke gawang Porto. Marchesin hanya terpaku melihat bola masuk ke gawangnya.

Sisa waktu tak mampu dimanfaatkan Juventus untuk mencetak gol penyeimbang. Juve pun menyerah 1-2.

Pertandingan leg kedua antara kedua kesebelasan akan digelar di Stadion Alliaz, markas Juventus, 9 Maret 2021 mendatang.

Di laga Liga Champions lainnya, Sevilla vs Dortmund yang digelar di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Kamis (18/2/2021) dini hari WIB, berakhir 3-2 untuk kemenangan Borussia Dortmund.

Tiga gol Dortmund dicetak Mahmoud Dahoud pada menit ke 19′ dan Erling Braut Haaland 27′, 43′ . Adapun gol-gol Sevilla tercipta lewat aksi Suso 7′ dan Luuk de Jong 84’.

Selanjutnya, Borussia Dortmund akan gantian menjamu Sevilla di Signal Iduna Park, 10 Maret 2021 mendatang. (kompas/mustivan)