Chelsea Tercecer di Klasemen, Jorginho Membelot ke Arsenal

Mikel Arteta bikin Jorginho pilih Arsenal (Arsenal FC via Getty Images/Stuart MacFarlane)
Mikel Arteta bikin Jorginho pilih Arsenal (Arsenal FC via Getty Images/Stuart MacFarlane)

MEDAN, kaldera.id – Arsenal resmi mendatangkan Jorginho di hari deadline ditutupnya bursa transfer 31 Januari 2023.

Jorginho meninggalkan Chelsea yang tercecer di peringkat 10 klasemen Liga Primer Inggris untuk bermain di Arsenal si pemuncak klasemen sementara. Pragmatis, realistis.

Arsenal mengumumkan Jorginho sebagai rekrutan anyar mereka melalui situs resmi klub, Rabu (1/2/2023) dini hari. Jorginho bakal mengenakan nomor punggung 20 bersama Meriam London.

The Gunners tak mengungkap nilai transfer dan durasi kontrak pemain 31 tahun tersebut. Dilansir detik.com, laporan beberapa media menyebut Arsenal harus mengeluarkan dana total 12 juta pound untuk mendatangkan Jorginho.

Rinciannya 10 juta pound adalah nilai transfer sedangkan 2 juta pound lainnya dalam bentuk bonus. Ia bakal disebut diikat kontrak selama 18 bulan oleh Arsenal dengan opsi perpanjangan selama satu musim.

Arsenal membutuhkan gelandang anyar akibat Thomas Partey dan Mohamed Elneny Cedera. Jorginho jadi pilihan usai Arsenal sempat membidik Moises Caicedo. Arsenal gagal mendatangkan Caicedo karena proposal transfer mereka ditolak oleh Brighton & Hove Albion.

Kualitas dan pengalaman Jorginho diharapkan bisa menambah kekuatan di lini tengah Arsenal yang tengah mengejar gelar Liga Inggris musim ini. Arsenal saat ini berada di puncak klasemen Liga Inggris dengan 50 poin unggul lima angka dari Manchester City di urutan kedua.

Pria berdarah Brasil total mencatatkan 213 penampilan untuk Chelsea. Ia turut mengantarkan The Blues meraih gelar Liga Champions dan Liga Europa.

“Jorginho adalah pemain tengah dengan kecerdasan, kualitas kepemimpinan yang tinggi, dan pengalaman Liga Inggris dan internasional yang sangat besar. Jorginho telah memenangi gelar dalam karirnya, tetapi dia masih memiliki rasa lapar dan keinginan besar untuk berkontribusi di sini,” ujar manajer Arsenal, Mikel Arteta, di situs resmi klub.

“Kami sangat senang merekrut Jorginho dan menyambutnya serta keluarganya di klub,” jelasnya.(putera/dtc/red)