Bobby Pastikan Vaksinasi Tetap Berjalan Pada Siang Hari di Bulan Ramadan

Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution
Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution

MEDAN, kaldera.id: Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution memastikan pelaksanaan vaksinasi drive thru Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang digelar di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo akan tetap berjalan seperti biasa di Bulan Ramadan. Termasuk kata Bobby, di siang hari.

Pasalnya menurut Bobby, MUI juga sudah mengeluarkan fatwa yang memperbolehkan melakukan vaksin saat berpuasa.

“Ya ini makanya nanti sebelum (Ramadan) ini kita kebut dulu, itukan fatwanya sudah ada ya tentang vaksinasi di bulan Ramadan. Tentunya kita lihat juga, kita juga gak bisa paksa kan dalam arti kata minatnya ketika bulan puasa nanti sudah kita prediksi sudah agak sedikit landai, tapi terus kita buka,” kata Bobby usai membuka secara resmi vaksinasi drive thru, Rabu (7/4/2021).

Ia juga memastikan pihaknya tak akan membuka vaksinasi saat malam hari di bulan Ramadan. Pasalnya, dikhawatirkan kurangnya cahaya saat malam hari akan mengganggu proses vaksinasi, seperti dalam pemeriksaan kesehatan.

“Kalau di malam hari, terkendala kita disini, ini kan banyak pengecekan. Makanya kita buka sampai jam lima. Kenapa? Karena kalau gelap ini tak bisa sembarang, ini masalah kesehatan. Jadi kita takut kalau nanti gelap ini tak bisa pas penyuntikannya. Jadi lebih baik malam hari tidak mungkin kita buka,” ujarnya. (finta rahyuni)