Goyang Spanyol, Tim Samba Brazil Pertahankan Emas Sepakbola Olimpade

Striker Brazil, Richarlison, merayakan medali emas Olimpiade 2020 dengan rekannya usai mengalahkan Spanyol 2-1. (cbf_futebol/kaldera)
Striker Brazil, Richarlison, merayakan medali emas Olimpiade 2020 dengan rekannya usai mengalahkan Spanyol 2-1. (cbf_futebol/kaldera)

MEDAN, kaldera.id – Tim Samba Muda, Brazil, meraih medali emas Olimpiade 2020 usai menaklukkan Spanyol di partai puncak. Brazil menang 2-1 lewat gol Malcom di babak tambahan, di Stadion Yokohama, Jepang, Sabtu (7/8/2021).

Brazil pun sukses mempertahankan medali emas Olimpiade, setelah di Olimpiade Rio 2016, negeri sepakbola ini juga berhasil keluar menjadi juara.

Kedua kesebelasan bermain menyerang sejak awal pertandingan. Spanyol nyaris mencetak gol di menit ke-15 ketika Diego Carlos nyaris menceploskan bola ke gawang sendiri, sebelum disapu keluar oleh bek Brasil itu.

Brasil mendapat peluang emas mencetak gol dari titik putih di menit ke-38. Video Assistant Referee (VAR) menunjukkan pelanggaran kiper Spanyol, Unai Simon, di kotak terlarang. Striker Everton, Richarlison, yang menjadi eksekutor Brazil gagal. Bola sepakannya melayang di atas mistar gawang Spanyol.

Brazil membuka skor di menit injury time babak pertama. Matheus Cunha mencetak gol lewat bola tendangan voli di kotak penalti, memaksimalkan umpan lambung Dani Alves. Tim Samba unggul 1-0 hingga turun minum.

Kedua tim tidak mengendurkan serangannya di babak kedua. Richarlison nyaris menggandakan keunggulan Brasil di menit ke-51 via bola tendangannya yang membentur Unai Simon, sebelum menghantam mistar gawang.

Spanyol menyamakan kedudukan di menit ke-61. Carlos Soler mengirim bola crossing ke kotak penalti Brasil yang langsung disambar Mikel Oyarzabal menjadi gol. Skor berubah 1-1.

Kedua tim berupaya menambah gol di sisa waktu yang ada. Namun, skor 1-1 bertahan hingga babak kedua berakhir. Laga berlanjut di babak tambahan.

Brazil mencetak gol kedua di menit ke-109. Malcom menerima bola umpan lambung Antony di sisi kiri, sebelum membawa bola ke kotak penalti dan menendangnya masuk ke gawang Spanyol. Skor bertahan hingga laga usai.(dtc/red)