Bayi Penderita Astresia Bilier Tidak Bisa Ditangani di Medan

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebutkan bahwa penyakit Astresia Bilier yang diderita Aiyla Adisty Hidayah tidak bisa ditangani oleh RSUPH Adam Malik.
Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebutkan bahwa penyakit Astresia Bilier yang diderita Aiyla Adisty Hidayah tidak bisa ditangani oleh RSUPH Adam Malik.

MEDAN, kaldera.id- Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebutkan bahwa penyakit Astresia Bilier yang diderita Aiyla Adisty Hidayah tidak bisa ditangani oleh RSUPH Adam Malik.

Bobby menjelaskan, kondisi bayi perempuan berusia tujuh bulan itu sudah cukup parah karena penanganan yang lambat. Sehingga, perlu dilakukan transplantasi.

“Saya diinformasikan kemarin dari dokternya, memang itu awalnya dari empedu, karena penanganannya dari pihak keluarga lama membawa ke rumah sakit, sudah naik sampai ke fungsi hatinya. Oleh karena itu, jalan satu-satunya adalah transplantasi,” kata Bobby, Jumat (8/10/2021).

“Memang di Medan, di Sumut, Adam Malik belum bisa melaksanakan itu,” sambungnya.

Meski begitu, Bobby menyebut pihaknya sedang berdiskusi dengan keluarga terkait penanganan kedepannya.

“Namun, kita sudah berdiskusi dengan keluarga bagaimana solusi kami serahkan kepada keluarga bagaimana kondisi anak kita, adik kita. Baru, kedepannya keputusan orang tuanya kami akan support,” jelas Menantu Presiden Joko Widodo itu.

Bobby sendiri belum bisa memastikan apakah bayi tersebut akan dibawa ke rumah sakit di Jakarta untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Ia menyebut, menyerahkan segala keputusannya kepada pihak keluarga.

Jika bayi tersebut dirujuk ke rumah sakit di Jakarta, Bobby Nasution juga belum bisa memastikan sumber biaya. Saat ini, anak bungsu dari pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27) itu masuk ke dalam kategori unregister Pemko Medan.

“Sampai hari ini kan kita gunakan unregister Kota Medan, tentunya nanti kalau keluarganya sudah mengambil keputusan, akan kita diskusikan lagi,” pungkasnya. (finta rahyuni)