Arung Jeram Sumut Berjaya di Kejurnas, KONI Sebut FAJI Siap Hadapi PON 2024

Cabang olahraga arung jeram dinilai punya potensi meraup medali emas di PON 2024.
Cabang olahraga arung jeram dinilai punya potensi meraup medali emas di PON 2024.

MEDAN, kaldera.id – Cabang olahraga arung jeram dinilai punya potensi meraup medali emas di PON 2024. Karena itu,
Pengprov FAJI Sumut meminta semua pihak untuk memastikan pembinaan maksimal pada atlet arung jeram.

“Kalau kami optimis bisa merebut 5 sampai 8 medali emas di PON 2025. Tapi ini harus dengan pembinaan yang maksimal, masih ada waktu. Kami berharap dukungan Gubernur Sumut, KONI dan semua pihak yang konsen dengan arung jeram,” kata Ketua Umum Pengprov FAJI Sumut, Ir H Soekirman, dalam acara syukuran hasi Kejurnas Arung Jeram Way Kanan, Lampung, di Sekretariat Pengprov FAJI Sumut, Jalan Bahagia By Pass, Kamis (23/12/2021).

Kata Soekirman, FAJI dan KONI berkomitmen untuk menyukseskan Sumut di PON XXI Sumut-Aceh 2004. Pada kejurnas, Sumut menduduki juara umum tiga nasional dengan perolehan 3 emas dan 4 perunggu.

“Kami sangat berterima kasih atas keberhasilan atlet. Dengan hasil ini, FAJI Sumut siap menatap PON 2024 dengan raihan medali,” kata Soekirman.

Pengprov FAJI Sumatera Utara mengirimkan 3 tim dengan 3 kategori lomba, Youth Man, Open Women, Open Man, di kejurnas arung jeram R4. FAJI Sumut sendiri sangat berterima kasih atas dukungan Pemprovsu melalui KONI Sumut sehingga dapat mengikuti Kejurnas di Lampung.

Dikatakan Soekirman, FAJI Sumut mengusung visi dan misi 4 pilar yaitu keolahragaan, kebencanaan, kepariwisataan dan kelestarian lingkungan hidup.

“Misi itu sebagai tonggak utama dalam pengelolaan dan pengembangan organisasi setiap Pengprov, Pengkab/Pengkot maupun ditingkat klub arung jeram, operator wisata arung jeram, penggiat kelestarian dan kebencanaan di air khususnya di sungai” ujarnya.

Turut hadir Ketua Harian Pengprov FAJI Sumut, Joni Walker Manik, Sekretaris Umum FAJI Sumut Elwin Reza Pahlevi dan jajaran pengurus FAJI Sumut seperti Samsuddin Tarigan, Searca Agung Nugroho, Pujianto, Repoli Manurung, dan Rikardo Situmorang.

KONI Apresiasi FAJI Sumut

Wakil Ketua I KONI Sumut, Prof Agung S, mengapresiasi capaian FAJI Sumut ini. KONI siap mendukung program FAJI Sumut dalam menghadapi PON 2024.

“Kami berharap arung jeram dapat memberikan kontribusi medali emas di PON 2024,” kata Prof Agung.

Prof Agung yang didampingi Sakiruddin dan Mesnan M Kes, mengatakan bahwa FAJI Sumut harus mempersiapkan gelaran Kejurda arung jeram Sumut sekitar bulan Juni-November 2022 sebagai seleksi atet potensial andalan cabang olahraga arung jeram sebagai langkah menghadapi PON 2024.

Dalam kesempatan itu, atlet arung jeram Youth Man asal FAJI Langkat yang meraih juara umum dengan 3 medali emas dan atlet Open Woman asal FAJI Serdangbedagai menyabet perunggu di kejurnas serta semua anggota kontingen FAJI Sumut di kejurnas menerima piagam penghargaan.(efri/red)