Tiga Pejabat Utama Kejati Sumut Berganti: Idianto Kajati Sumut yang Baru

Idianto, Kepala Kejati Sumut yang Baru
Idianto, Kepala Kejati Sumut yang Baru

JAKARTA – Jaksa Agung ST Burhanuddin melakukan rotasi di lingkungan Kejaksaan Agung (Kejagung) yang tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 54 Tahun 2022. Untuk Kejati Sumut terjadi rotasi Kepala Kejatisu, Asintel Kejatisu dan Aspidsus Kejatisu.

Jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatra Utara (Sumut) akan dijabat Idianto.
Idianto menggantikan posisi Ida Bagus Nyoman (IBN) Wisawantanu. Dia mendapat jabatan baru sebagai Sekretaris Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus di Kejaksaan Agung (Kejagung).

Selain Ida Bagus Nyoman Wisawantanu, Muhammad Syarifuddin yang menjabat Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sumut juga dimutasi. Dia mendapat jabatan baru Koordinator Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung.

Kemudian, Dwi Setyo Budi Utomo yang sebelumnya menjabat Asiten Intelijen (Asintel) Kejati Sumut juga mendapat jabatan baru sebagai Koordinator pada Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Umum Kejagung.

Idianto, Jaksa Kasus Munarman

Sementara Idianto yang dimutasi menjadi Kajati Sumut sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara pada Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Umum Kejagung.

Idianto menangani perkara terorisme dengan terdakwa mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman. Diketahui, proses persidangan Munarman masih berjalan di PN Jakarta Timur dengan agenda terakhir pemeriksaan ahli pada Senin (14/2/2022) lalu.

Idianto sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali. Idianto juga pernah menjabat sebagai Asintel Kejati Sumut pada 2017. Pada 2016, Idianto menjabat Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, Provinsi Riau. Dia pernah pula menjabat Asintel di Kejati Jambi dan Kepala Kejari Simpang Empat, Provinsi Sumatra Barat.(efri/inw/red)