Sejumlah Negara Tetangga Bakal Ramaikan Mini Soccer U-16 Internasional Tournament

Walikota Medan, Bobby Nasution saat berbincang dengan Rahudman Harahap
Walikota Medan, Bobby Nasution saat berbincang dengan Rahudman Harahap

MEDAN, kaldera.id – Kota Medan akan menjadi tuan rumah Mini Soccer U-16 Internasional Tournament. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Stadion Mini Soccer, Jalan Titi Papan usai lebaran mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana, Rahudman Harahap mengatakan, seharusnya perhelatan ini digelar Maret. Mengingat Kota Medan saat ini masuk Level 3 PPKM, maka diundur sampai selesai lebaran.

“Semoga kasus Covid-19 sudah melandai. Sehingga turnamen sepakbola yang akan diikuti sejumlah tim dari luar negeri seperti Timor Leste, Pulau Penang Malaysia serta Singapura akan berlangsung lebih meriah,” ungkap Rahudman ketika bertemu Walikota Medan, Bobby Nasution di Balai Kota Medan, Selasa (22/2/2022).

Rahudman juga menuturkan, turnamen ini sudah 17 kali digelar untuk memperebutkan Piala Walikota Medan dan BNN. Timor Leste, jelasnya, sudah menyatakan kesiapan untuk ikut dengan menurunkan Timnas U-16. “Jepang, Malaysia dan Singapura juga menyatakan kesiapan untuk mengikutinya, tapi mereka masih menunggu kondisi Covid-19 di Indonesia,” jelas Rahudman.

Dia menambahkan, turnamen nantinya akan diikuti 32 tim. Pertandingan ini juga akan menggunakan VAR. “Persiapan sudah rampung. Kita minta dukungan penuh Pak Walikota agar turnamen berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Pengunduran itu langsung disambut baik Bobby Nasution. Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyarankan agar turnamen dilaksanakan sebulan setelah lebaran. Berdasarkan pengalaman selama ini, biasanya setelah libur seperti hari besar keagamaan terjadi peningkatan kasus Covid-19. Seperti yang terjadi pada liburan Tahun Baru lalu, kenaikan Covid-19 terjadi di awal Februari.

“Semoga kasus penyebaran Covid-19 saat itu sudah melandai sehingga pelaksanaan turnamen berjalan sukses dan lancar. Selain menghasilkan pemain muda berbakat, semoga melalui kegiatan ini dapat menghindari generasi muda dari narkoba,” ungkapnya.

Pemko Medan sendiri sangat mendukung penuh digelarnya Mini Soccer U-16 International Tournament yang akan memperebutkan Piala Walikota Medan. Selain bertaraf internasional, turnamen ini juga dilakukan sebagai upaya mendukung pemerintah memajukan sepakbola usia dini sekaligus mengajak generasi muda menjauhi narkoba.(yogo)