MTQ ke 38 Tingkat Provinsi Siap Digelar, Ini Hari dan Lokasi Perlombaan

Syahrin Harahap (HO-muliavoice)
Syahrin Harahap (HO-muliavoice)

MEDAN, kaldera.id – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 38 Tahun 2022 siap digelar mulai 20 Maret – 28 Maret 2022. Warga Sumatera Utara diharapkan turut memeriahkan event tingkat provinsi ini.

Ketua Umum Panitia MTQ tingkat provinsi, Prof Dr Syahrin Harahap MA mengatakan untuk persiapan pelaksanaan MTQ ke-38 ini semua konsep sudah dipersiapkan dan ia juga sudah melakukan evaluasi progresnya.

“Ada sekitar 14 aula atau auditorium yang kita siapkan untuk Medan MTQ itu baik di kampus 1 Jalan Sutomo, kampus 2 di Medan Estate (Pancing) dan kampus 3 di Tuntungan,” jelasnya pada Kamis (3/3/2022).

Prof Syahrin yang juga Rektor UIN Sumut/Koordinator Kopertais Wilayah IX Sumut menyebut dalam pelaksanaan MTQ ini, pimpinan daerah (Gubsu, red) sangat komit.

MTQ dilaksanakan dengan prokes

“Gubsu juga mengingatkan agar MTQ ini dilaksanakan secara baik dan karena kondisi masih dalam masa pandemi covid-19, juga akan dengan protokol Kesehatan (prokes) yang ketat,” tukasnya.

Ia berharap perhelatan yang bertemakan “Dengan Alquran Kita Raih Prestasi Emas Menuju Sumatera Utara Bermartabat” ini dapat dikunjungi bukan hanya umat Islam namun juga pengunjung dari berbagai agama di Sumatera Utara. Karena menurutnya kegiatan ini juga merupakan wisata religi dimana pengunjung akan dapat melihat bagaimana keindahan dari pembacaan Al-Qur’an itu sendiri.

Disamping itu untuk lebih memeriahkan di arena juga aka ada sejumlah stand pameran, pameran alquran dan segala yang terkait mulai buku-buku sekolah, tafsir, sekolah Al-Qur’an, tahfis quran kemudian ornamen-ornamen Islam yang memungkinkan bisa dilihat oleh masyarakat atau pengunjung dan ada stand UMKM dan kuliner.

“Kita yakin MTQ ini akan ramai pengunjung dari semua agama, karena pada MTQ ini kita harapkan menjadi wisata religi. Di MTQ ini ditawarkan ada keindahan bacaan Al-Qur’an. Di sinilah waktunya pengunjung yang ingin tahu keindahan dalam membaca alquran,” bebernya.

Wakil Sekretaris Panitia MTQ ke 38, Dr Zulham, MH, mengatakan, untuk pelaksanaan pembukaan MTQ akan dilakukan di Aula Arsjad Thalib Lubis Kampus 1 UIN Sumut Jalan Sutomo.

“Kemudian untuk stan pameran UMKM dan lainnya dipusatkan di kampus 1 UIN Sumut Jalan Sutomo. Masyarakat diharapkan bisa meramaikan perhelatan ini dan tentu tetap harus memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Zulham.

Dewan Hakim

Untuk Dewan Hakim, untuk saat ini sedang dipersiapkan SK yang akan dikeluarkan oleh Gubernur Sumatera, Edy Rahmayadi. Dewan hakim ini sebutnya berasal dari Sumatera Utara dan Nasional.

“Nasional ini lebih pada narasumber, konsultan, pembimbing untuk menjamin kualitas MTQ ini. Kemudian juga kita sedang memastikan kesiapan kontingen atau kafilah dari daerah untuk mendaftar di tanggal 20 Maret 2022.”

Kita berharap tidak ada daerah ataupun sektor yang absen dalam pelaksanaan MTQ ke 38 ini. Kita berharap semua daerah mengirimkan kafilahnya,” ujar Prof Syahrin.
(efri/red)