Konsumsi Tomat Secara Berlebihan Bisa Iritasi Tenggorokkan

Tomat sangat bagus untuk tubuh bila dikonsumsi secara rutin. Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan bisa mendatangkan efek samping.
Tomat sangat bagus untuk tubuh bila dikonsumsi secara rutin. Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan bisa mendatangkan efek samping.

MEDAN, kaldera.id – Tomat sangat bagus untuk tubuh bila dikonsumsi secara rutin. Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan bisa mendatangkan efek samping.

Tiap 100 gram tomat mengandung kalori 20 kal, protein 1 gram, lemak 0,3 gram, karbohidrat 4,2 gram, kalsium 5 miligram, karoten (vitamin A) 1500 SI, thiamin (vitamin B) 60 mikrogram, asam Askorbat (vitamin C), 40 miligram, fosfor 27 miligram, zat besi 0,5 miligram, potassium 360 miligram.

Mengkonsumsi makanan sehat seperti tomat bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam tomat bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker. Tidak hanya itu, beta karoten di dalam buah bermanfaat untuk mencegah tumor pada pasien kanker.

Bila ingin mengonsumsi tomat setiap hari, maka sebaiknya konsumsi tomat tetap dibatasi 1 sampai 2 buah saja setiap harinya. Waspadai pula gejala seperti perut kembung atau diare bila terlalu banyak makan tomat.

Konsumsi tomat terlalu banyak bisa menyebabkan heart burn karena produksi asam lambung berlebih. Selain itu, mengkonsumsi tomat secara berlebihan bisa menyebabkan ruam kulit atau alergi. Sebab, tomat mengandung senyawa yang disebut histamin. Alergi tomat ditandai dengan pembengkakan mulut, lidah, dan wajah, bersin, iritasi tenggorokan dan lainnya.(efri/google)