Danau Martubung Bakal Dijadikan Kolam Resapan dan Wisata Air

Walikota Medan, Bobby Nasution saat meninjau Danau Martubung
Walikota Medan, Bobby Nasution saat meninjau Danau Martubung

 

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Bobby Afif Nasution bakal menjadikan danau buatan di Perumahan Griya Martubung sebagai kolam resapan air untuk penangana banjir di kawasan itu. Tidak hanya itu, dengan luas danau mencapai 10 hektar, nantinya akan dibuat wisata air guna menunjang perekonomian masyarakat sekitar.

Bobby mengungkapkan, untuk tahap awal difokuskan pada penanganan fungsi utama. “Fungsi utamanya untuk penanganan banjir. Ada sekitar 1 hektar di area kolam yang akan kami jadikan kolam penampungan dan airnya nanti dikembalikan lagi ke danau,” ungkapnya saat meninjau danau tersebut, Jumat (22/7/2022).

Dijelaskannya, Dinas Lingkungan Hidup saat ini meminta tambahan air lagi untuk Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Sehingga air yang masuk ke dalam danau dapat dijadikan treatment untuk airnya.

“Setelah fungsi utama berjalan, barulah fungsi berikutnya untuk penunjang ekonomi di sekitar kawasan tersebut dilaksanakan. Itu nanti melalui pariwisatanya. Mudah-mudahan nanti bisa menikmati wisata air di Danau Martubung ini,” tambahnya.

Untuk tahap awal dilakukan pemasangan pancang. Kemudian tahun depan pembangunan kolam resapan sekalian untuk retensi dan treatment airnya.(reza)