IKA Smandel Gandeng DLH Gelar Pelatihan Pengolahan Sampah Organik

Ketua IKA Smandel, Indra Sakti Harahap (dua dari kiri) menyerahkan piagam penghargaan pada pihak DLH Sumut usai pelatihan di Aula SMAN 8 Medan, Jumat (2/9/2022).
Ketua IKA Smandel, Indra Sakti Harahap (dua dari kiri) menyerahkan piagam penghargaan pada pihak DLH Sumut usai pelatihan di Aula SMAN 8 Medan, Jumat (2/9/2022).

 

MEDAN, kaldera.id – Ikatan Alumni (IKA) SMAN 8 Medan (Smandel) menggelar pelatihan pemanfaatan dan pengolahan limbah rumah tangga dalam menghasilkan eco/clasisc enzym untuk menghasilkan nilai guna dan berlangsung siang ini di Aula SMAN 8 Medan, Jumat (2/9/2022).

Acara ini diawali dengan penyerahan beberapa tempat sampah dari dinas lingkungan hidup kepada Wakil Kepala Sekolah SMAN 8 Medan.

Giat ini juga dihadiri ketua IKA SMA 8, wakil kepala sekolah SMA 8, Dinas lingkungan Hidup, Sumatera Deli Lestari Indah, Alumni, guru dan siswa SMA 8 Medan.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Rahmat Riady Manurung mengatakan, acara ini bertujuan untuk sosialisasi kepada semua pihak agar peduli terhadap limbah sampah rumah tangga sekaligus membimbing elemen masyarakat agar lebih mengutamakan pengolahan limbah dibanding langsung dimusnahkan.

“Terima kasih kepada semua yang telah mendukung giat ini mulai dari persiapan sampai selesai,” imbuhnya.

Di lain pihak kepala UPT Pengolahan Sampah dan Lingkungan Hidup Akmal Syahputra yang didampingi Asna Dewi mengatakan giat ini menitikberatkan pada pemilihan jenis sampah yang organik dan non organik.

“Mana sampah yang bisa dibantu didaur ulang dan mana yang tidak sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Ketua IKA Smandel Indra Sakti Harahap menyapaikan ucapan terima kasih kepada DLH yang telah banyak membantu kegiatan IKA Smandel ini. “Jika ini dilakukan dengan serius, maka eco/clasic enzym ini bisa punya nilai jual yang tinggi,” terangnya.

Acara ini ditutup dengan adanya penyerahan piagam dari sekolah kepada semua peserta.(efri/red)