Buntut Proyek Lampu Jalan Ekstentik Gagal, Bobby Copot SI Dongoran

Walikota Medan, Bobby Nasution saat memberikan keterangan pers terkait pengadaan lampu jalan di 8 wilayah Kota Medan beberapa hari lalu.
Walikota Medan, Bobby Nasution saat memberikan keterangan pers terkait pengadaan lampu jalan di 8 wilayah Kota Medan beberapa hari lalu.

 

MEDAN, kaldera.id – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan, SI Dongoran dicopot dari jabatannya oleh Walikota Medan, Bobby Afif Nasution. Dongoran dicopot imbas proyek pengadaan lampu jalan ekstentik di 8 wilayah Kota Medan.

Dimana, proyek tersebut awalnya dikelola Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan dan SI Dongoran adalah kadisnya sebelum OPD itu dibubarkan. Pasca OPD tersebut dibubarkan, proyek lampu jalan yang di media sosial disebut lampu pocong tersebut dialihkan ke Dinas Sumber Daya Air Bima Marga dan Bina Kontruksi Kota Medan.

Sebelum dilakukan pencopotan, Dongoran terlebih dahulu dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Medan dengan alasan fokus terhadap pemeriksaan. Hal ini disampaikan Sekretaris BKD dan Pengembangan SDM Kota Medan, Saleh Adrian. “Dia di nonaktifkan sementara selama pemeriksaan oleh Inspektorat. Untuk saat ini apakah sudah dicopot atau belum tanyakan sama pimpinan. Saya tidak bisa menjelaskannya,” ungkap Saleh ketika dihubungi kaldera.id melalui telepon selulernya, Jumat (12/5/2023).

Sementara itu, Kepala BKD dan Pengembangan SDM Kota Medan, Sutan Tolang Lubis membenarkan SI Dongoran sudah dicopot dari jabatannya saat ini oleh Walikota Medan. SI Dongoran ditempatkan menjadi staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan. “Sudah dicopot walikota. Pencopotannya akibat adanya laporan hasil pemeriksaan Inspektorat. Tekhnis kesalahannya kami tidak tahu. Coba tanya Inspektur. Kami hanya meneruskan apa menjadi dasar laporan itu,” jelasnya kepada wartawan.

Untuk pengganti SI Dongoran sementara ini ditunjuk Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan, Meirnasari sebagai pelaksana harian kepala dinas. (reza)