Hockey Sumut Siap Rebut 2 Medali Emas di PON 2024

Pengurus Provinsi Federasi Hockey Indonesia (FHI) Sumatera Utara, memasang target dua medali emas dan satu perak di pekan Olahraga nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh dan untuk itu empat tim disiapkan demi menghadapi perhelatan olahraga terakbar di Indonesia tersebut.
Pengurus Provinsi Federasi Hockey Indonesia (FHI) Sumatera Utara, memasang target dua medali emas dan satu perak di pekan Olahraga nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh dan untuk itu empat tim disiapkan demi menghadapi perhelatan olahraga terakbar di Indonesia tersebut.

 

MEDAN, kaldera.id – Pengurus Provinsi Federasi Hockey Indonesia (FHI) Sumatera Utara, memasang target dua medali emas dan satu perak di pekan Olahraga nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh dan untuk itu empat tim disiapkan demi menghadapi perhelatan olahraga terakbar di Indonesia tersebut.

Ketua Umum FHI Sumatera Utara Dr. Ibrahim di Posko Publikasi PON XXI/2024 Dispora Sumut, Jalan Willem Iskandar, Senin (26/6/2023) mengatakan, berkaca dari kemajuan yang dicapai tim selama ini, pihaknya optimistis terget tersebut dapat tercapai.

Target tersebut, ucap Ibrahim yang didamping Litbang FHI Sumut Syahputra Manik, juga di pasang berdasarkan hasil kejurnas akhir 2022 lalu, di mana tim hockey Sumatera Utara bisa meraih dua medali perak dari nomor outdoor putra dan putri.

“DI PON mendatang ada empat nomor yang dipertandingkan yakni outdoor putra dan putri serta indoor putra dan putri. Kita memasang target dua emas, satu perak dan satu perunggu. Emas kita optmistis bisa diraih dari outddor putra dan putri sementara perak kita akan rebut dari indoor,” terangnya.

Selama ini, lanjut dia, persiapan terus dilakukan secara maksimal. Intensitas latihan juga terus meningkat dari hari ke hari, sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan stamina atlet.

Atlet setiap hari menjalani latihan di Lapangan hoki Universitas Negeri medan (Unimed) pagi dan sore kecuali Minggu dan latihan. Selama menjalani latihan, setiap tim langsung dibawah bimbingan tiga pelatih, baik pelatih fisik maupun pelatih teknis.

“Selain latihan teknis dan strategi, atlet juga latihan beban sebaai upaya tetap menjaga kebugaran mengingat intensitas latihan terus meningkat. Untuk tim putra ada dua atlet kita yang sudag berpengalaman di Asian Games,”ujarnya.

Namun, lanjut dia, ada beberapa catatan yang menjadi perhatian pihaknya. Seperti lapangan HOKI Unimed yang masih menggunakan rumput. Sementara di PON mendatang lapangan menggunakan rumput sintetis.

“Ini yang menjadi catatan kita, bagaimana atlet bisa mengkondisikan lapangan seolah-olah bermain di sintetis. Butuh adaptasi yang tinggi, makanya latihan juga terus dimaksimalkan,” terangnya.

Selain memaksimalkan latihan di Lapangan HOKI UNIMED, pihaknya juga berencana melakukan try out ke Malaysia selama sebulan, sebagai upaya menambah pengalaman bertanding atlet juga untuk semakin meningkatkan kekompakan sesama pemain di tim.

“Selama pemusatan latihan di Malaysia nanti, tim kita juga akan berkesempatan menyaksikan sejumlah kejuaraan Hoki tingkat dunia. Ini tentunya dapat menjadi pelajaran bagi atlet kita. Selain itu selama di Malaysia nanti, tim kita juga berkesempatan untuk latih tanding dengan tim-tim dari negeri jiran itu,” tandasnya. (mimbarumum)