Pegiat ASTA, AKTI, IODI dan IESPA Unjuk Gigi, Sumut Sementara 15 Emas di Fornas VII

Pengurus KORMI Sumut yang menjadi ofisial di Fornas VII Jawa Barat, berfoto bersama pegiat ASTA yang meraih 6 emas di Margahayu, Kab Bandung.
Pengurus KORMI Sumut yang menjadi ofisial di Fornas VII Jawa Barat, berfoto bersama pegiat ASTA yang meraih 6 emas di Margahayu, Kab Bandung.

 

BANDUNG, kaldera.id – Kontingan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumatera Utara terus menambah medali emas pada ajang Festival Olahraga Nasional (Fornas) VII di Bandung, Jawa Barat. Sementara, sudah 15 medali emas terkumpul hingga Jumat (7/7/2023).

Setelah sebelumnya meraih dua emas melalui ASKI dan KOSTI, teranyar emas didulang lagi dari Induk Olahraga (Inorga) Asosiasi Seni Tarung Tradisi Indonesia (ASTA). Tak tanggung, pegiat ASTA Sumut kategori Tarung memborong 6 emas dari tujuh atlet yang masuk ke babak final.

Tentunya perolehan emas itu diraih dengan perjuangan gigih sebagaimana pesan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat melepas keberangkatan kontingen, agar pegiat berjuang keras dan pantang menyerah.

Ketua KORMI Sumut Baharuddin Siagian sempat menyaksikan pertandingan dan memberikan semangat kepada atlet ASTA agar bertanding penuh riang gembira saat babak penyisihan. Demikian pula untuk beberapa atlet Inorga lainnya.

Saat babak final, Kamis (6/7/2023) sore, pertandingan disaksikan langsung Wakil Ketua Umum KORMI Sumut, Herri Zulkarnain bersama Sekretaris KORMI Sumut Budi Syahputra, Ketua Kontingen Beny Hidayat. Para Pengurus KORMI Sumut tersebut pun langsung menyawer pegiat peraih emas berupa uang tunai seperti yang sudah dijanjikan Ketua KORMI Sumut Baharuddin Siagian.

Perolehan medali emas lainnya juga datang dari pegiat AKTI menyabet 2 emas, IOSKI 1 emas, IESPA 1 emas, dan IODI 2 emas. “IESPA mempertahankan emas di nomor Mobile Legend. Sementara untuk nomor Tekken 7 kita meraih perak dan e-Football perunggu,” tambah Budi Syahputra, Jumat (7/7/2023)

 

15 medali emas

Dengan hasil ini, dua hari menjelang FORNA VII berakhir, Kontingen KORMI Sumatera Utara sudah mengumpulkan 15 medali emas. Dengan rincian, ASKI, KOSTI, IOSKI, dan IESPA masing-masing satu medali emas. Kemudian IODI 2 medali emas, AKTI 3 medali emas dan ASTA 6 medali emas.

“ASTA saat ini menjadi Inorga yang menyumbangkan medali emas terbanyak untuk Sumut. Untuk medali lainnya, kita mengumpulkan 17 medali perak dan 7 medali perunggu sementara ini,” pungkas Benny Hidayat, Ketua Kontingen Sumut di FORNAS VII.(f rozi/red)