Inspektorat Akui Sudah Terima Laporan Terkait Dugaan Gratifikasi Iswar Dari Kejari Medan

Inspektur Kota Medan, Sulaiman Harahap
Inspektur Kota Medan, Sulaiman Harahap

 

MEDAN, kaldera.id – Inspektur Kota Medan, Sulaiman Harahap membenarkan pihaknya telah menerima berkas laporan adanya dugaan gratifikasi atau dugaan menyalahi kewenangan yang dilakukan Kadis Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis dari Kejaksaan Negeri Medan.

Hanya saja, pemeriksaan orang yang bersangkutan belum dilakukan. Sebab, menurut Sulaiman pihaknya akan berkoordinasi kembali dengan pihak Kejari Medan terkait hal ini “Sudah kami terima laporannya. Cuma kan masih ada yang kami komunikasikan lagi dengan pihak Kejari Medan. Jadi, belum dilakukan pemeriksaan terhadap orang yang bersangkutan,” jelasnya, Rabu (12/7/2023).

Sulaiman menjelaskan, pemeriksaan Kadishub Kota Medan tersebut dilakukan apabila koordinasi antara pihaknya dengan Kejari Medan sudah dilakukan. “Begitu koordinasi selesai, langsung kami lakukan pemeriksaan,” tambahnya.

Sebelumnya, puluhan masa yang tergabung dalam Mahasiswa Anti Korupsi Sumatera Utara melakukan aksi damai di depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari), Jalan HM Said, Medan, Sumatera Utara, Selasa (11/7/2023). Mereka meminta pihak aparat kejaksaan segera memeriksa Kadishub Kota Medan, Iswar Lubis.

Dalam orasinya, Koordinator Aksi, Nawan menyatakan, rasa heran masih saja ada oknum pemerintahan yang didiuga bebas melakukan kesewenang wenangan dalam menjalankan jabatannya.

Dugaan gratifikasi tersebut, sambung Nawan, yaitu dengan menyalahgunakan jabatannya kepada calon tenaga honorer untuk bisa masuk bekerja di Dishub mulai dari tahun 2022 hingga sekarang.

Humas Kejari Medan PM Simbolon menjelaskan, aspirasi mahasiswa pada aksi pertamanya Selasa 6 Juni 2023 lalu, telah diteruskan pihak Kejari Medan kepada Inspektorat. “Jadi adik adik mahasiswa, bisa menanyakan perkembangannya langsung kesana,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis yang dikonfirmasi wartawan melalui pesan whatsappnya belum juga membalas. (red)