HIPKA Harus jadi Lokomotif Pencipta Lapangan Kerja

Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA), H Kamrussamad PhD mengimbau alumni HMI pada khususnya dan generasi muda pada umumnya, harus mampu mengubah mindset, dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja.
Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA), H Kamrussamad PhD mengimbau alumni HMI pada khususnya dan generasi muda pada umumnya, harus mampu mengubah mindset, dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja.

 

MEDAN, kaldera.id – Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA), H Kamrussamad PhD mengimbau alumni HMI pada khususnya dan generasi muda pada umumnya, harus mampu mengubah mindset, dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja.

“Melalui HIPKA, kami akan terus berupaya mendorong dan melahirkan generasi muda bangsa yang memiliki kemauan menjadi sosok pencipta lapangan kerja (the job creator),” kata Kamrussamad.

Hal itu ditegaskannya pada pengukuhan anggota HIPKA berasal dari Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, dan Asahan dirangkai dengan perhelatan Forum Bisnis “Solusi Pembiayaan Bisnis” digelar BPW HIPKA Sumut di Aula HT Rizal Nurdin, Jalan Sudirman 41 Medan, Senin (7/8/2023).

 

Tujuan utama hadirnya HIPKA

Menurut Kamrussamad, upaya menumbuhkan dan melahirkan para etreprenuer baru dari alumni HMI dan kalangan generasi muda bangsa, merupakan tujuan utama hadirnya HIPKA di tengah rakyat Indonesia.

Terkait dengan itu, Kamrussamad, PhD mengapresiasi pernyataan disampaikan Sekretaris Umum MW KAHMI Sumut Dadang Darmawan Pasaribu, yang sebelumnya menegaskan, siap mendukung dan menyukseskan program dicanangkan HIPKA.

Dalam rangka percepatan penciptaan wirausaha, HIPKA berkomitmen terus mendorong kaum muda Indonesia agar memilih jalan entrepreneur sebagai jalur pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Karena itu, diperlukan gerakan civil society dalam membangun sinergi untuk mewujudkan kekuatan wirausaha yang handal serta berdaya saing,” kata anggota Komisi XI DPR-RI ini.

Hal senada sebelumnya disampaikan Ketua Umum BPW HIPKA Sumut, Usman Hasibuan. “HIPKA Sumut tak pernah bosan mendorong dan mengajak para mahasiswa, agar mau menjadi pengusaha,” ungkapnya.

Usman Hasibuan mengimbau para mahasiswa agar tidak perlu merasa ragu untuk menekuni karier sebagai pengusaha. “Pasalnya, pengusaha itu adalah pejuang dan menjadi salah satu jalan menuju surga, karena sering berinfak,” ujarnya.

 

Melahirkan para entreprenuer baru

Pada bahagian lain, Usman juga tak lupa memberi acungan jempol kepada Ketum BPP H. Kamrussamad, yang terus mendorong jajaran pengurus di daerah, termasuk di Sumut, agar terus bergerak dan berupaya mencari solusi melahirkan para entreprenuer baru.

Sedangkan, Sekretaris Umum MW KAHMI Sumut Dadang Darmawan Pasaribu menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan HIPKA Sumut dan menyatakan siap membantu kesuksesan program-program yang dicanangkan HIPKA.

Untuk itu, Dadang berharap, kiranya kegiatan yang dilaksanakan hari ini bisa ditindaklanjuti dengan menghadirkan forum-forum bisnis serupa di daerah-daerah.

Supaya bisa meraih kesuksesan menjadi entrepreneur, Dadang Pasaribu mengharapkan agar para pengusaha yang tergabung di HIPKA hendaknya go digital dan go ekspor.

“Sebenarnya tidak ada lagi ketakutan dalam berbinis. Sebab saat berada di kamar mandi pun, kita tetap bisa melakukan transaksi bisnis,” ujarnya.

Sementara, forum bertajuk “Solusi Pembiayaan Bisnis” yang menghadirkan pembicara dari OJK, Pusat Investasi Pemerintah dan Bursa Efek Indonesia, disambut antusias dari kalangan peserta.(reza sahab/red)