Presiden Jokowi Resmikan SPAM Regional Medan Binjai Deli Serdang

0
213
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Medan Binjai Deli Serdang (Mebidang). SPAM Mebidang itu menelan anggaran sebesar Rp 948 miliar.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Medan Binjai Deli Serdang (Mebidang). SPAM Mebidang itu menelan anggaran sebesar Rp 948 miliar.

 

MEDAN, kaldera.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Medan Binjai Deli Serdang (Mebidang). SPAM Mebidang itu menelan anggaran sebesar Rp 948 miliar.

Peresmian itu ditandai dengan pemutaran tuas katup air yang dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi di Kota Binjai, Jumat (25/8/2023).

“Alhamdulillah, pada pagi hari ini telah selesai Sistem Penyediaan Air Minum di Medan Binjai Deli Serdang yang menelan anggaran Rp 948 miliar,” kata Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan pembangunan SPAM Mebidang itu merupakan kerja sama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Menurutnya, jika kerja sama antara pemerintah pusat hingga ke kabupaten/kota berjalan baik, maka pembangunan di Indonesia akan semakin cepat.

“Ini kerja sama pemerintah pusat, provinsi, dan kota/kabupaten, tanahnya tanah provinsi. Kerja sama seperti ini, kalau kerja samanya baik, pembangunan juga akan berjalan dengan cepat,” jelasnya.

Jokowi mengatakan SPAM Regional Mebidang itu memiliki kapasitas 1.100 liter per detik. Dia menyebut akan ada sekitar 440 ribu jiwa yang bisa menikmati air minum tersebut.

“Ini memiliki kapasitas 1.100 liter per detik, ini juga sangat besar sekali, sehingga saya minta pada gubernur, bupati, wali kota menindaklanjuti sambungan-sambungan ke rumah tangga karena menyangkut kurang lebih 88 ribu saluran rumah tangga yang bisa tersambung karena SPAM ini, kalau dijiwakan bisa 440 ribu jiwa, sangat besar sekali,” pungkasnya. (det)