Ester Nurumi Tri Wardoyo Raih Juara Tunggal Putri BNI Indonesia Masters I 2023

0
102
Ester Nurumi Tri Wardoyo
Ester Nurumi Tri Wardoyo

 

MEDAN, kaldera.id – Gelar juara kembali diraih tunggal putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo saat tampil di Medan, Sumatera Utara. Legenda badminton Taufik Hidayat pun memuji.

Ester menjadi kampiun tunggal putri BNI Indonesia Masters I 2023 usai mengalahkan pemain Taiwan Chiu Pin-Chian di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Minggu (10/9). Ester menang 21-15, 21-19, di final turnamen BWF Super 100 itu.

Buat Ester, yang juga adik kandung pebulutangkis Chico Aura Dwi Wardoyo, ini merupakan gelar juara kedua beruntun di Medan. Pekan lalu perempuan kelahiran 26 Agustus 2004 itu juga juara Xpora Indonesia International Challenge 2023.

“Senang rasanya meraih gelar juara beruntun di Medan setelah sebelumnya berjaya di turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023. Saya berharap gelar juara ini bisa memberikan motivasi saya untuk lebih berprestasi lebih baik lagi ke depannya,” ungkap peraih medali perunggu SEA Games 2023 itu dalam pernyataannya.

Di partai final hari ini, Ester butuh 43 menit untuk mengatasi lawannya. Di gim kedua, perolehan poinnya sempat telak memimpin 10-4 tapi kemudian didekati lawan pada skor 19-18. Tapi Ester tetap berhasil menyudahi permainan dalam straight game.

“Pada pertandingan hari ini saya sempat bernafsu untuk mengakhiri laga dengan cepat saat sudah unggul jauh di gim kedua. Beruntung saya bisa kembali mengambil kontrol pertandingan untuk akhirnya meraih gelar juara kedua di kota Medan,” sebut peraih medali perunggu tunggal putri SEA Games 2023 tersebut.

Taufik Hidayat puji Ester Nurumi

Keberhasilan Ester Nurumi menjuarai BNI Indonesia Masters I 2023 rupanya turut disaksikan secara langsung Taufik Hidayat, legenda bulutangkis Indonesia.

Peraih emas Olimpiade Athena tahun 2004 itu mengaku baru kali ini menyaksikan Ester Nurumi beraksi. Taufik tampak terkesan.

“Dari segi skill, permainan, dia bagus. Dari mental juga dia bagus,” ujar Taufik Hidayat, mengawali penilaiannya terhadap Ester.

“Cuma tinggal… ‘ni diamond nih, tinggal dipoles deh’. Jangan sampai salah yang pegang untuk ke depannya.”

“Dia juga masih muda, (punya) prospek panjang. Mudah-mudahan bisa kerja sama di antara pemain, pelatih, dan yang lain, biar lebih bagus lagi ke depannya,” tuturnya.

Indonesia raih 3 gelar juara

Selain dari Ester, dua wakil Indonesia lain yang tampil di final pada hari ini juga berhasil menjadi juara. Total, ada tiga gelar juara BNI Indonesia Masters I 2023 dari para pebulutangkis Merah Putih pada hari ini.

Ada ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto yang mengalahkan Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Taiwan) dengan 22-20, 21-10. Juga ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Ishafani yang menundukkan pasangan Jepang Kakeru Kumagai/Kota Ogawa dengan 21-18, 21-15.

Hasil final BNI Indonesia Masters I 2023
XD
Roy King Yap/Valeree Siow (Malaysia) vs Hiroki Nishi/Akari Sato (Jepang)
13-21, 21-14, 21-14
MS
Kiran George (India) vs Koo Takahashi (Jepang)
21-19, 22-20
WD
Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (Indonesia) vs Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Taiwan)
22-20, 21-10
WS
Ester Nurumi Tri Wardoyo (Indonesia) vs Chiu Pin-Chian (Taiwan)
21-15, 21-19
MD
Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Ishafani (Indonesia) vs Kakeru Kumagai/Kota Ogawa (Jepang)
21-18, 21-15 (Det)