Komisi 1 DPRD Medan dan Jajaran Polres Belawan Sepakat Ciptakan Suasana Kondusif pada Pemilu 2024

Kapolres Belawan saat menerima kunjungan Anggota Komisi 1 DPRD Medan di Ruang Kerjanya, kemarin
Kapolres Belawan saat menerima kunjungan Anggota Komisi 1 DPRD Medan di Ruang Kerjanya, kemarin

 

MEDAN, kaldera.id – Komisi 1 DPRD Medan melakukan kunjungan kerja ke Polres Pelabuhan Belawan terkait peran Kepolisian dalam menjaga kondusifitas menjelang Pemilu 2024, Selasa (9/1/2024).

Kunjungan dipimpin langsung Ketua Komisi 1 DPRD Medan, Robi Barus dan diterima Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Janton Silaban.

Dalam pertemuan itu, Ketua Komisi I DPRD Medan Robi Barus berharap agar Kapolres Pelabuhan Belawan dan jajaran lebih meningkatkan kordinasi dengan penyelenggara pemilu seperti, KPU dan Bawaslu serta seluruh pihak guna terciptanya suasana kondusif dalam pesta demokrasi, 14 Februari 2024 mendatang.

Robi pun menuturkan, pihaknya siap mendukung dan berkordinasi dengan pihak Kapolres terkait alokasi anggaran dari APBD Pemko Medan guna menunjang operasional tugas polisi berkaitan dengan kepentingan pemilu.

“Kami dapat merasakan, saat ini menjelang pemilu situasi politik agak memanas. Maka, perlu kerjasama yang ekstra demi pengamanan yang kondusif, ” ungkap Robi Barus.

Anggota Komisi 1 DPRD Medan lainnya, Parlindungan Sipahutar menambahkan, pihaknya terus mendukung dalam membangun sinergitas guna menghasilkan pemilu yang aman jujur dan adil. “Kita berharap pengawasan dan kordinasi semua lini dapat ditingkatkan agar terwujud pemilu yang berkualitas,” ungkapnya.

Begitu juga disampaikan Abdul Latif Lubis, Anggota Komisi 1 yang hadir dalam pertemuan itu. Dirnya mengatakan, tingginya tingkat kriminal di Belawan meminta pihak kepolisian lebih fokus melakukan pengamanan. “Kita berharap dengan peran polisi, Belawan yang terkenal rawan kiranya dapat berubah menjadi kota berkawan,” pintanya.

Menanggapi peryataan anggota dewan, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban menyampaikan, terima kasih atas dukungan dewan guna meningkatkan kenyamanan di wilayah Polres Belawan. Janton Silaban pun tetap berharap kerjasama sehingga tercipta keamanan lebih kondusif lagi.

Sebelumnya, Kapolres memaparkan, kondisi wilayah hukum Polres Belawan sangat tinggi angka kriminalitas perkelahian. Hal itu disebabkan tingginya kesenjangan sosial.(reza)