Lifter Legendaris Indonesia Lisa Rumbewas Mangkat di Usia 44 Tahun

0
139
Lisa Rumbewas
Lisa Rumbewas

 

MEDAN, kaldera.id – Kabar duka dari dunia olahraga Indonesia. Lifter legendaris Lisa Rumbewas meninggal dunia.

Lisa Rumbewas tutup usia pada hari Minggu (14/1) sekitar pukul 03.00 WIT di RSUD Jayapura. Dunia olahraga Indonesia pun berduka.

“Selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan mewakili masyarakat olahraga prestasi, saya menyampaikan turut berduka cita,” kata Ketum KONI Letjen TNI Purn Marciano Norman dalam rilis persnya.

“Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan, yang Maha Pengasih, dan Jasanya sebagai Patriot Olahraga akan selalu dikenang, serta memotivasi para Lifter Indonesia untuk meraih prestasi dunia,” ujarnya.

Dalam kariernya, Lisa Rumbewas tiga kali ikut serta Olimpiade dan selalu berhasil menyumbang medali buat Indonesia lewat keikutsertaan di ketiga momen tersebut.

Lisa Rumbewas menyabet medali perak di Olimpiade 2000 (kelas 48 kg) dan 2004 (kelas 53 kg). Sosok kelahiran Papua itu kemudian mempersembahkan medali perunggu pada keikutsertaan pada Olimpiade 2008 di Beijing (kelas 53 kg).

Selain meraih tiga medali Olimpiade, Lisa Rumbewas juga mengharumkan nama Indonesia di level regional antara lain dengan keberhasilan mengantongi medali emas SEA Games 2009 pada kelas 58 kg, perak di SEA Games 2001, dan perunggu d SEA Games 2003. Medali perunggu juga diraihnya di Asian Games Busan 2002.

Pencapaian Lisa Rumbewas di dunia angkat besi turut dilengkapi dengan raihan perak pada Kejuaraan Angkat Besi Dunia 2006. (det)