Pemko Medan Diminta Segera Atasi Kenaikan Harga Cabai di Pasaran

Sekretaris Komisi III DPRD Medan, Hendri Duin
Sekretaris Komisi III DPRD Medan, Hendri Duin

 

MEDAN, kaldera.id – Sekretaris Komisi 3 DPRD Medan Hendri Duin meminta Pemko Medan segera mengatasi lonjakan harga cabai di pasaran. Sebab, harga kebutuhan pokok itu semakin tinggi.

Menurutnya, pemko harus segera mengatasi persoalan ini. Jangan sampai muncul ke khawatiran di tengah masyarakat. Duin mengatakan, kebutuhan warga terhadap komoditi bahan pangan akan meningkat setiap menjelang hari besar keagamaan. Terlebih, umat Islam saat ini sedang melakssnakan ibadah puasa.

Dimana kebutuhan komoditi bahan pangan yang rasanya pedas itu juga meningkat. “Harusnya, menjelang Ramadan kemarin hal ini sudah diantisipasi,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan itu meminta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, termasuk Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar untuk segera mengatasi penyebab tingginya harga cabai tersebut.

“Segera cek ke lapangan. Cari tahu apa penyebabnya. Kalau kita tidak tahu apa yang menjadi penyebabnya, bagaimana mungkin kita bisa mengatasi masalahnya,” katanya.

Selain membuat daya beli masyarakat menurun, naiknya harga cabai dapat baiknya angka inflasi jika tidak segera dikendalikan. “Inflasi itu harus kita kendalikan. Makanya harga kebutuhan pokok harus terkendali, termasuk cabai,” katanya.

Duin pun mengingatkan OPD terkait di lingkungan Pemkot Medan tentang program Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, khususnya daerah-daerah penghasil cabai.

“Mungkin bisa dikomunikasikan kembali agar suplai cabai dengan harga terjangkau dari daerah-daerah tersebut bisa segera didatangkan ke Kota Medan untuk memberikan cabai dengan harga terjangkau kepada masyarakat,” pungkasnya. (reza)