Edwin Sugesti
Edwin Sugesti

 

MEDAN, kaldera.id – Anggota DPRD Medan dari Fraksi PAN, Edwin Sugesti sangat menyayangkan keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Medan. Pasalnya, sampai saat ini keberadaanya belum memberikan kontribusi maksimal dalam urusan pendapatan.

Dari ketiga BUMD milik Pemko Medan itu yakni, PUD Pasar, PUD Pembangunan dan PUD Rumah Potong Hewan, hanya PUD Pasar yang baru menyumbangkan pendapatan. Sedangkan keduanya tidak ada sama sekali.

Bahkan, PUD Pasar sendiri dari target PAD yang dicanangkan sebesar Rp4 miliar pada 2023, realisasinya hanya Rp405 juta. Masih jauh dari target.

Menurutnya, sejak awal ketika pembahasan RAPBD dan P APBD 2022 serta 2023, pihaknya sudah mengingatkan akan optimisme Pemko Medan dalam membuat target pendapatan agar realistis.

“Jangan terlalu berlebihan, mawas diri dengan sumber daya yang dimiliki dan sistem yang dipergunakan dalam mengumpulkan pendapatan. Laporan realisasi pendapatan per semester yang kani terima dan sampaikan saat pembahasan APBD lalu sesungguhnya masih jauh dari target yang ingin diraih,” papar Edwin.

Untuk itu, pihaknya meminta penjelasan dan komitmen apa yang dibangun terhadap instansi yang tidak dapat memenuhi target di atas. (reza)