Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman
Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman

 

MEDAN, kaldera.id – Wakil Walikota Medan, Aulia Rachman memaparkan langkah dan upaya yang dilakukan Pemko Medan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) saat menerima kunjungan Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama rombongan di Balai Kota Medan, kemarin.

Dalam pertemuan itu Aulia Rachman mengatakan langkah-langkah yang dilakukan Walikota Medan, Bobby Nasution dalam meningkatkan PAD diawali dengan pendataan, verifikasi dan validasi data Wajib Pajak Bumi dan Bangunan (PBB. Sebab, PBB merupakan sumber PAD terbesar bagi Pemko Medan.

“Selain dari PBB, sumber PAD kita berasal dari pajak-pajak lainya seperti hotel, restauran, reklame dan tempat-tempat hiburan,”kata Aulia Rachman.

Tidak hanya dari sektor pajak, Aulia Rachman juga menjelaskan, Pemko Medan juga terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat khusus bagi para pelaku UMKM dengan menjadikan Pemko Medan sebagai market bagi pelaku UMKM.

“Kita mendorong agar di setiap Kelurahan memiliki ekonomi kreatif. Setiap produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM tersebut kita bantu masuk ke e-katalok lalu kita beli. Misalnya makan dan minum ini merupakan produk UMKM kita,”jelasnya.

Langkah tersebut dinilai Aulia Rachman berdampak terhadap meningkatnya kreatifitas pelaku UMKM sehingga mendorong perkembangan UMKM itu sendiri.

Ditambahkan Aulia Rachman lagi, penerapan kebijakan e-parking yang diterapkan juga menambah pemasukan bagi PAD Kota Medan. Lebih dari 100 ruas jalan di Medan sudah menerapkan e-parking tersebut.

“Baru-baru ini Pak Wali juga telah melaunching parkir berlangganan.Tujuanya untuk mencegah kebocoran PAD dari sektor parkir,” tambahnya.

Keterlibatan unsur forkopimda kota Medan dikatakan Aulia Rachman juga sangat berpengaruh terhadap meningkatnya PAD Kota Medan. Tidak jarang dalam melakukan penagihan pajak, Pemko Medan didampingi oleh aparatur dari unsur forkopimda.

“Jadi kita sangat kompak disini dengan Forkopimda kita, karena kunci kita dalam mencapai lima program prioritas adalah kekompakan dan PAD yang kuat,”pungkas Aulia Rachman seraya mengatakan APBD Kota Medan TA 2024 sebesar Rp 8 Triliun lebih.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Eka Putra menjelaskan, tujuan kunjungan kerja ini untuk mengetahui kiat-kiat yang dilakukan Walikota Medan, Bobby Nasution yang sukses meningkatkan PAD.

“Dengan waktu yang singkat ini kami ingin mempelajari bagaimana Pak Bobby bisa meningkatkan PAD Kota Medan. Kami sangat berterimakasih apabila bisa mempelajarinya,”kata Eka Putra.

Selain menyampaikan tujuan kunjungan kerja tersebut, Eka Putra menceritakan kondisi dari Kabupaten Tanah Datar yang merupakan salah satu Kabupaten tujuan wisata di Sumatera Barat. (reza)